Menstimulasi Kewirausahaan Anak Usia Dini melalui Kegiatan Market Day di TK ABA 22 Cisalak Cimanggis Kota Depok
DOI:
10.29303/jmp.v5i1.8689Published:
2025-02-28Issue:
Vol. 5 No. 1 (2025): FebruariArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Menanamkan kewirausahaan sejak usia dini sangat penting untuk membentuk karakter dan keterampilan yang akan berguna sepanjang hidup anak. Pendidikan kewirausahaan membantu anak-anak mengembangkan pemikiran kreatif, keterampilan pemecahan masalah, dan kemampuan mengambil inisiatif melalui kegiatan bermain dan belajar yang menyenangkan. Dalam konteks ini, anak-anak diajarkan konsep dasar seperti jual beli, pengelolaan uang, dan pentingnya kerja keras serta kreativitas. Kegiatan yang dirancang dengan pendekatan praktis, seperti Market Day, memungkinkan anak-anak untuk mengalami simulasi aktivitas bisnis nyata, sehingga mereka dapat mengembangkan keterampilan sosial, kognitif, dan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk menstimulasi entrepreneurial skills pada anak usia dini melalui kegiatan Market Day di TK ABA 22 Cisalak, Kota Depok. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan Market Day dirancang untuk memberikan pengalaman praktis kepada anak-anak dalam memahami dan melakukan kegiatan kewirausahaan seperti jual beli, pengelolaan uang, dan interaksi dengan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Market Day berhasil meningkatkan pemahaman anak-anak mengenai konsep dasar kewirausahaan dan keterampilan yang diperlukan. Selain itu, kegiatan ini juga berkontribusi terhadap pengembangan keterampilan sosial, kognitif, dan emosional anak-anak.
License
Copyright (c) 2025 Rd. Heri Solehudin, Erna Budiarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).