PENGARUH PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT TERHADAP KARAKTER DISIPLIN ANAK KELOMPOK B DI TK AL-IQRA’ NW PENENDEM

Authors

Sri Atika Mawaddah , M. A. Muazar Habibi , Baiq Nada Buahana

DOI:

10.29303/jmp.v5i1.9169

Published:

2025-05-27

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2025): Februari

Articles

Downloads

How to Cite

Mawaddah, S. A., Habibi, M. A. M., & Buahana, B. N. (2025). PENGARUH PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT TERHADAP KARAKTER DISIPLIN ANAK KELOMPOK B DI TK AL-IQRA’ NW PENENDEM. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(1), 1–5. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i1.9169

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada anak usia dini menjadi prioritas utama dalam mengembangkan karakter disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perilaku hidup bersih dan sehat terhadap karakter disiplin anak kelompok B di TK Al-Iqra NW Penendem. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain one group pretest posttest. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Sampel penelitian terdiri dari 10 anak dari kelas B. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas dengan teknik Shapiro-Wilk yang menghasilkan nilai pretest sebesar 0,138 dan posttest sebesar 0,138 dengan signifikansi lebih dari (>) 0,05 sehingga dapat dikatakan data berdistribusi normal. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,00 dengan alpha = 0,05 yang berarti 0,00 < 0,05; sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara perilaku hidup bersih dan sehat dengan tingkat disiplin anak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan perilaku hidup bersih dan sehat berpengaruh positif terhadap pembentukan karakter disiplin anak, di mana anak yang menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat menunjukkan tingkat disiplin yang lebih tinggi.

License

Copyright (c) 2025 Sri Atika Mawaddah, M. A. Muazar Habibi, Baiq Nada Buahana

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>