PEMETAAN METODE PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK TK B (USIA 5-6 TAHUN) DI KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT
DOI:
10.29303/jmp.v5i1.9171Published:
2025-05-27Issue:
Vol. 5 No. 1 (2025): FebruariArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan oleh guru dan cara melaksanakannya dalam rangka pengembangan kemandirian anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah survey. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 guru yang mengajar pada kelompok B. Teknik pengumpulan data meliputi angket terbuka dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) metode yang diterapkan oleh guru untuk pengembangan kemandirian anak TK B diantaranya kegiatan pembiasaan 34 guru, kegiatan pembelajaran 33 guru, kegiatan peduli sosial 29 guru, kegiatan bermain 18 guru, pemberian reward 5 guru, dan kegiatan patriotisme 4 guru. (2) Cara yang digunakan oleh guru pada kegiatan pembiasaan adalah mematuhi tata tertib di sekolah, menjaga kebersihan kelas, baris berbaris, belajar cara menjaga hubungan baik, kesepakatan kelas, kebersihan diri, bermain bersama, bernyanyi, menjaga barang miliknya dan mengajarkan cara berprilaku yang baik. Selanjutnya kegiatan pembelajaran yaitu menggambar, mewarnai, menulis, kolase, bermain balok, bercerita, finger painting, belajar memasak, bermain peran, belajar nilai moral dan etika, bermain lego, puzzle, bombik dan perkenalan identitas diri. Kegiatan peduli sosial diantaranya melalui berbagi, tolong menolong, bersih-bersih dilingkungan sekolah, kunjungan ke rumah teman, merawat binatang serta menanam dan merawat tanaman. Adapun untuk kegiatan bermain diantaranya bermain estafet, benteng, bakiak, pasir, pesan berantai, sepak bola, bermain “satu, dua tiga diam”, dan bermain drumband. Pemberian reward yaitu melalui pemberian pujian dan bintang. Terakhir kegiatan patriotisme melalui penggunaan pakaian tradisional dan upacara bendera. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa guru TK di Kecamatan Narmada telah menggunakan beragam metode pembelajaran yang memiliki kontribusi terhadap pengembangan kemandirian anak.
License
Copyright (c) 2025 Ifqi Hidayatul Ilmiah, Nurhasanah, Baiq Nada Buahana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).