PEMETAAN PEMAHAMAN GURU PAUD TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI KECAMATAN PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Authors

Indi Rahmawati , Nurhasanah , Baik Nilawati Astini

DOI:

10.29303/jmp.v5i1.9173

Published:

2025-05-27

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2025): Februari

Articles

Downloads

How to Cite

Rahmawati, I., Nurhasanah, & Astini, B. N. (2025). PEMETAAN PEMAHAMAN GURU PAUD TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI KECAMATAN PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(1), 18–28. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i1.9173

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru PAUD dalam Implementasi Kurikulum Merdeka tentang pengembangan kurikulum merdeka, perencanaan pembelajaran, pendekatan dan prinsip pembelajaran, implementasi pembelajaran, dan asesmen di Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu survei. Populasi dalam penelitian ini adalah TK yang berada di Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah yang terdiri dari 66 lembaga TK dengan jumlah guru 289 orang, sedangkan sampel pada penelitian ini yaitu 29 guru yang berada pada 17 lembaga, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket terbuka dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa data kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data pemahaman guru PAUD dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka yang terdiri dari 5 komponen. Komponen pertama, pemahaman tentang pengembangan kurikulum merdeka, dengan acuan pengembangan yang digunakan yaitu peraturan pemerintah dengan persentase 65%. Komponen kedua, pemahaman tentang perencanaan pembelajaran dengan persentase 72%, semua guru membuat modul ajar dan RPP dengan mengikuti pedoman yang berlaku. Komponen ketiga, pemahaman tentang pendekatan dan prinsip pembelajaran dengan persentase 75%, guru mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran dengan berbagai pendekatan pembelajaran yang menarik. Komponen keempat, pemahaman tentang implementasi pembelajaran dengan persentase 55%, pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah dibuat pada modul ajar dan RPP. Dan komponen kelima, pemahaman tentang asesmen dengan persentase 73%, guru selalu melaporkan hasil belajar anak kepada wali murid secara berkala. Dari hasil di atas menunjukkan bahwa guru PAUD di Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah sudah memiliki pemahaman yang baik dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.

License

Copyright (c) 2025 Indi Rahmawati, Nurhasanah, Baik Nilawati Astini

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>