PENINGKATAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS ANAK KELOMPOK B MELALUI MEDIA FLASHCARD DI TK ANGGREK TENTE KABUPATEN BIMA
DOI:
10.29303/jmp.v5i1.9175Published:
2025-05-27Issue:
Vol. 5 No. 1 (2025): FebruariArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kosa kata Bahasa Inggris anak kelompok B melalui media Flashcard di TK Anggrek Tente Kabupaten Bima. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di Tk Anggrek Tente Kabupaten Bima yang berjumlah 13 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan kosa kata bahasa Inggris kelompok B melalui media Flashcard di TK Anggrek Tente Kabupaten Bima. Dalam pelaksanaan pra siklus kemampuan anak mencapai 23% bahwa pelaksanaan pra siklus berada pada kriteria Mulai Berkembang, pada siklus I pelaksanaan tindakan meningkat sebanyak 38% masuk kriteria Berkembang Sesuai Harapan, dan pelaksanaan siklus II mencapai 84% menunjukkan kriteria Berkembang Sangat Baik dan telah mencapai indikator keberhasilan sehingga pelaksanaan penelitian ini dihentikan. Berdasarkan penelitian ini di atas dapat disimpulkan bahwa mengalami peningkatan kosa kata bahasa Inggris apabila media Flashcard digunakan dengan baik dan benar maka dapat meningkatkan kosa kata bahasa Inggris anak kelompok B di TK Anggrek Tente Kabupaten Bima.
License
Copyright (c) 2025 Fima Amanda Putri, Nurhasanah, Ni Luh Putu Nina Sriwarthini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).