UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN MELALUI METODE CERITA BERANTAI DI TK IT AL-FAJAR MATARAM
DOI:
10.29303/jmp.v5i1.9176Published:
2025-05-27Issue:
Vol. 5 No. 1 (2025): FebruariArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Permasalahan yang sering kali terjadi pada perkembangan sosial emosional anak usia dini yaitu anak kurang bersosialisasi dengan teman sebaya dan belum bisa mengontrol emosinya seperti sering menangis di kelas. Sangat penting bagi anak-anak untuk melatih keterampilan sosial dan emosional mereka di usia muda. Perkembangan sosial emosional merupakan salah satu aspek perkembangan anak usia dini, di mana sosial emosional yaitu suatu proses perkembangan yang dilalui anak sejak kecil bahkan dari dalam kandungan yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana anak bertingkah laku serta bagaimana anak berinteraksi dengan orang lain. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak melalui metode cerita berantai anak usia 5-6 tahun di kelompok B TK IT Al Fajar Mataram. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan Kemmis & Mc Taggart dan dilakukan tindakan sebanyak 2 siklus. Subyek dari penelitian ini yaitu anak-anak kelompok B TK IT Al Fajar Mataram berjumlah 11 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Hasil dan kesimpulan pada penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan sosial emosional anak pada kelompok TK IT Al Fajar pada siklus I dengan persentase 63% dan meningkat pada siklus II menjadi 81%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode cerita berantai dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak pada anak usia 5-6 tahun kelompok B TK IT Al Fajar Mataram.
License
Copyright (c) 2025 Dwiki Berliani, Sukardi, Baiq Nada Buahana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).