IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK KELOMPOK B DI GUGUS III RA KECAMATAN NARMADA

Authors

Vina Alung Fatrisia , M. A. Muazar Habibi , I Nyoman Suarta

DOI:

10.29303/jmp.v5i1.9177

Published:

2025-05-27

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2025): Februari

Articles

Downloads

How to Cite

Fatrisia, V. A., Habibi, M. A. M., & Suarta, I. N. (2025). IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK KELOMPOK B DI GUGUS III RA KECAMATAN NARMADA. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(1), 47–54. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i1.9177

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian perkembangan kognitif anak kelompok B di Gugus III RA Kecamatan Narmada. Jenis penelitian yang digunakan melalui pendekatan Deskriptif Kuantitatif dengan metode Survei. Sampel dalam penelitian ini adalah 80 orang anak terdiri dari 8 sekolah yang dipilih menggunakan pendekatan stratified proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini memperoleh bahwa perkembangan kognitif pada aspek Belajar dan Pemecahan Masalah memiliki hasil 61.50% , untuk indikator Berpikir Logis memiliki hasil 60.25% dan indikator Berpikir simbolik memiliki hasil 58.50% .Pengujian persentase rata-rata pada penelitian ini menggunakan rumus P= F/N 100%. Maka ditarik kesimpulan bahwa dari aspek ketiga yang telah diteliti ini termasuk dalam kategori Mulai Berkembang yang berarti guru di sekolah secara belum optimal dalam mencapai pencapaian perkembangan kognitif anak di kelompok B.

License

Copyright (c) 2025 Vina Alung Fatrisia, M. A. Muazar Habibi, I Nyoman Suarta

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>