PENERAPAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF UP DOWN MONKEY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B DI PAUD INSAN KAMIL LOMBOK TENGAH

Authors

Erlin Yugistina , Muhammad Tahir , Baik Nilawati Astini

DOI:

10.29303/jmp.v5i1.9178

Published:

2025-05-27

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2025): Februari

Articles

Downloads

How to Cite

Yugistina, E., Tahir, M., & Astini, B. N. (2025). PENERAPAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF UP DOWN MONKEY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B DI PAUD INSAN KAMIL LOMBOK TENGAH. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(1), 55–60. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i1.9178

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PAUD Insan Kamil, Desa Ubung, untuk mengatasi rendahnya kemampuan berhitung anak kelompok B. Hasil awal menunjukkan bahwa 50% dari 16 siswa berada dalam kategori mulai berkembang (MB) dan berkembang sesuai harapan (BSH). Penyebab rendahnya kemampuan ini adalah metode pembelajaran yang monoton dan tidak menarik, tanpa adanya media edukatif yang bervariasi. Penelitian bertujuan untuk menerapkan alat permainan edukatif Up Down Monkey dalam meningkatkan kemampuan berhitung. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan peningkatan kemampuan berhitung siswa, dari 50% pada pra-siklus menjadi 75% pada siklus I, dan 87,5% pada siklus II. Peningkatan ini menunjukkan efektivitas penggunaan media Up Down Monkey dalam pembelajaran, sehingga penelitian tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya.

License

Copyright (c) 2025 Erlin Yugistina, Muhammad Tahir, Baik Nilawati Astini

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>