HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS ANAK PADA PENGGUNAAN METODE BERNYANYI DENGAN KEMAMPUAN MENGHAFAL ASMAUL HUSNA ANAK USIA DINI

Authors

Annisa Eka Apriyani , Tuti Hayati , Nano Nurdiansah

DOI:

10.29303/jmp.v5i1.9179

Published:

2025-05-27

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2025): Februari

Articles

Downloads

How to Cite

Apriyani, A. E., Hayati, T., & Nurdiansah, N. (2025). HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS ANAK PADA PENGGUNAAN METODE BERNYANYI DENGAN KEMAMPUAN MENGHAFAL ASMAUL HUSNA ANAK USIA DINI. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(1), 61–68. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i1.9179

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di Kelompok B1 RA Al-Mukhlisin 2, Kecamatan Bojongsoang, Bandung, menunjukkan bahwa metode bernyanyi sering digunakan dan membuat anak-anak antusias. Namun, kemampuan menghafal Asmaul Husna anak belum optimal, dengan beberapa anak masih ragu mengurutkannya dan mengulang hafalan. Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) aktivitas bernyanyi anak, (2) kemampuan menghafal Asmaul Husna, dan (3) hubungan antara keduanya. Metode bernyanyi dianggap efektif dalam pendidikan Islam, membantu mengungkapkan pikiran dan perasaan anak, serta menghafal membutuhkan memori yang kuat. Penelitian korelasional ini melibatkan 18 anak dengan teknik total sampling, menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Hasil menunjukkan aktivitas bernyanyi anak rata-rata bernilai 80 (sangat baik), sedangkan kemampuan menghafal Asmaul Husna bernilai rata-rata 59 (kurang). Hubungan antara kedua variabel dihitung dengan korelasi product moment, menghasilkan r sebesar 0,77 (tinggi). Uji hipotesis menunjukkan t_hitung = 4,813 > t_tabel = 2,120, dengan kontribusi 59,29%. Hipotesis nol ditolak, hipotesis alternatif diterima, menunjukkan hubungan signifikan antara aktivitas bernyanyi dan kemampuan menghafal Asmaul Husna di Kelompok B1 RA Al-Mukhlisin 2.

License

Copyright (c) 2025 Annisa Eka Apriyani, Tuti Hayati, Nano Nurdiansah

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).