EFEKTIVITAS METODE ICE BREAKING TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK HIJRATURRASUL

Authors

Nuraini , Sukardi , I Nyoman Suarta

DOI:

10.29303/jmp.v5i1.9180

Published:

2025-05-27

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2025): Februari

Articles

Downloads

How to Cite

Nuraini, Sukardi, & Suarta, I. N. (2025). EFEKTIVITAS METODE ICE BREAKING TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK HIJRATURRASUL. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(1), 69–74. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i1.9180

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidak metode ice breaking untuk peningkatan perkembangan kognitif pada anak kelompok B di TK Hijraturrasul. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan jenis one group petest-poesttest. Subjek penelitian ini 12 orang anak kelompok B di TK Hijraturrasul. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji paired sample t test. Hasil analisis uji-t menunjukkan hasil thitung > ttabel yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian treatment. Maka ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternaif (Ha) diterima, yang mana dapat disimpulkan bahwa metode ice breaking efektif terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B di TK Hijraturrasul.

License

Copyright (c) 2025 Nuraini, Sukardi, I Nyoman Suarta

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>