PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN MAKRO UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA AMPENAN

Authors

Sri Aziza , I Nyoman Suarta , Nurhasanah

DOI:

10.29303/jmp.v5i1.9181

Published:

2025-05-27

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2025): Februari

Articles

Downloads

How to Cite

Aziza, S., Suarta, I. N., & Nurhasanah. (2025). PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN MAKRO UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA AMPENAN. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(1), 75–82. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i1.9181

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Perkembangan bahasa anak melalui metode bermain peran makro di kelompok B TK Negeri Pembina Ampenan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan dari Kemmis & Mc Tanggart. Subyek dari penelitian ini yaitu anak-anak kelompok B TK Negeri Pembina Ampenan yang berjumlah 15 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil dan kesimpulan pada penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perkembangan bahasa anak pada kelompok B TK Negeri Pembina Ampenan dari siklus I 62,2% dan meningkat pada siklus II mencapai 89,2%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode bermain peran makro dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak pada kelompok B TK Negeri Pembina Ampenan.

License

Copyright (c) 2025 Sri Aziza, I Nyoman Suarta, Nurhasanah

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>