MINI SERI COMPUTATIONAL THINGKING UNTUK GURU SEKOLAH YAYASAN CIPUTRA PENDIDIKAN

Yuwono Marta Dinata, Laura Mahendratta Tjahjono, Mychael Maoeretz Engel, Theresia Ratih Dewi Saputri, Evan Tanuwijaya

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (abdimas) ini bertujuan memperluas wawasan mengenai computational thinking (CT) bagi guru Sekolah. Program mini seri ini dilakukan secara berkala dan berkesinambungan. Program ini diprioritaskan kepada Guru di berbagai sekolah. Pada kesempatan kali ini diperuntukkan kepada Guru-guru di Yayasan Ciputra Pendidikan. CT sendiri merupakan salah satu problem solving yang perlu diajarkan sejak dini. Dengan melihat perkembangan teknologi dalam bidang ilmu komputer yang berkembang pesat maka pendekatan CT ini sangat diperlukan. Universitas Ciputra Surabaya khususnya Fakultas Teknologi Informasi bekerjasama dengan Komunitas Bebras untuk memperluas penggunaan CT bagi siswa/i seluruh Indonesia. Mini seri ini dilakukan dengan memberikan wawasan CT kepada guru sekolah, sehingga guru tersebut dapat menyampaikan dan melatih para siswanya untuk dapat terbiasa menggunakan CT ini dalam kehidupan mereka sehari-hari. Dalam melakukan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan terlebih dahulu berkoordinasi dan berdiskusi dengan koordinator pusat Yayasan, membuat materi computational thinking berupa materi power point maupun website yang siap diakses peserta. Pokok pembahasan dibagi menjadi empat sesi yaitu pendahuluan tentang computational thinking, computational thinking in everyday life, Developing Computational Thinking task dan menerapkan CT dalam pembelajaran di kelas. Kegiatan ini menyasar pada 134 guru Yayasan Sekolah Ciputra dengan durasi pelaksanaan kurang lebih tiga bulan dari persiapan, penyiapan materi, koordinasi, penyuluhan, serta penyusunan laporan dan luaran.

Full Text:

PDF

References

Burhannudin, & Sukri. (2021). PENYULUHAN SISTEM PENALARAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU SMP/MTs DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 12-16.

Kawuri, K. R., Budiharti, R., & Fauzi, A. (2019). Penerapan Computational Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA 9 SMA Negeri 1 Surakarta pada Materi Usaha dan Energi 6. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(2), 116-121.

Maharani, A. (2020). Computational Thinking dalam Pembelajaran Matematika Menghadapi Era Society 5.0. Euclid, 7(2), 86-96.

OECD. (2021a). Mathematics performance (PISA) (indicator) https://doi.org/doi: 10.1787/04711c74-en

OECD. (2021b). Reading performance (PISA) (indicator) https://doi.org/doi: 10.1787/79913c69-en

OECD. (2021c). Science performance (PISA) (indicator) https://doi.org/doi: 10.1787/91952204-en

Sukamto, T. S., Hafdhoh, N. u., Pertiwi, A., Affandy, Syukur, A., & Hidayat, E. Y. (2019). Pengenalan Computational Thinking Sebagai Metode Problem Solving Kepada Guru dan Siswa Sekolah di Kota. ABDIMASKU, 2(2), 99-107.

Untari, T., Rahmaniah, R., Islami, A. B., & Ihsani, B. Y. (2018). Peningkatan Pembelajaran Microteaching Melalui Pendekatan Kolaboratif Prakarsa Paedagogia, 1(1), 91-100.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.