PKM SMP NEGERI 12 PADANG DALAM PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA DI ERA PANDEMI

Titiek Fujita Yusandra, Rina Sartika, Ria Satini

Abstract

Media audio visual adalah  perantara atau peraga yang digunakan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar  yang pengunaan materi penyerapannya melalui pandangan (gambar) dan pendengaran (suara). Dengan adanya media pembelajaran audio visual pada keterampilan menulis teks berita dapat membuat siswa lebih tertarik dan bersemangat dalam belajar. Berita adalah laporan peristiwa yang dimuat atau disiarkan di media massa berupa fakta atau gagasan, terdiri dari unsur 5W+1H, dan mengandung nilai-nilai berita atau nilai-nilai jurnalistik. Berita adalah informasi baru tentang kejadian yang baru, penting, dan bermakna (signifikan), yang berpengaruh pada para pendengarnya serta relevan dan layak dinikmati oleh pembaca. Untuk mendukung terciptanya profesionalisme guru dalam menciptakan pembelajaran yang efektif diadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM). PKM tersebut dilakukan dengan cara membimbing dan memberikan pelatihan pada guru di SMP Negeri 12 Padang agar dapat menggunakan media-media pembelajaran bervariasi. Penggunaan media pembelajaran ini dapat membantu siswa untuk lebih semangat dalam proses pembelajaran pada materi teks berita. Sebagai media pembelajaran baru, yang inovatif, penggunaan Media pembelajaran ini menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa. Siswa tidak lagi memperoleh materi tentang teks berita dengan pemaparan teori yang panjang lebar, tetapi guru langsung memberikan pembelajaran dengam Media pembelajaran yang menarik. 

Full Text:

PDF

References

Arsyad, Azhar. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bajrami, L., & Ismaili, M. (2016). The role of video materials in EFL classrooms. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 232, 502-506.

Dwiyansaputra, R., Wijaya, I. G. P. S., Bimantoro, F., Nugraha, G. S., & Aranta, A. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Zoom Untuk Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD Negeri 10 Cakranegara. Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI), 2(1).

Habib, K. S. (2018). Strategies and Skills of Writing News-Reports. Department of English and Humanities. https://doi.org/10.1051/matecconf/201712107005.

Harjanto. (2000). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Romli, A. S. M. (2018). Jurnalistik Online: Panduan mengelola media online. Nuansa Cendekia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.