WORKSHOP AND TRAINING PENGGUNAAN APLIKASI PEMBELAJARAN DARING DALAM MASA PANDEMIK COVID-19 BAGI STAF PENGAJAR DI SMA NEGERI 1 TASIFETO BARAT
Authors
Lusia Naimnule , Erlin Fatima Halek , Emanuel M.Y. HanoeDOI:
10.29303/jppm.v5i1.3312Published:
2022-02-01Issue:
Vol. 5 No. 1 (2022): FebruariArticles
Downloads
How to Cite
Metrics
Abstract
Bentuk pembelajaran alternatif yang dapat dilaksanakan selama masa pendemi Covid-19 adalah pembelajaran secara daring dengan bantuan media aplikasi online. Penggunaan media daring dengan dukungan perangkat mobile seperti smart phone, tablet dan laptop membuat proses pembelajaran dapat dijangkau sehingga guru dan peserta didik dapat mengakses informasi tentang proses pembelajaran dimana saja dan kapan saja.Berbagai aplikasi online juga dapat digunakan untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran secara online misalnya kelas-kelas virtual menggunakan layanan Google Classroom, Edmodo, dan Schoology aplikasi pesan instan seperti WhatsApp), dan melalui media sosial seperti Youtube, Facebook dan Instagram. Hal ini didukung dengan penelitian Zhang, dkk,2004 bahwa penggunaan internet dan teknologi multimedia mampu merubah cara penyampaian konsep dan dapat menjadi alternative pembelajaran yang dilaksanakan dalam kelas tradisional. Banyak kendala yang dihadapi para guru khususnya di SMA Negeri 1 Tasifeto Barat terutama dalam hal persiapan untuk menghadapi peralihan metode pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring. Mereka tidak berpikir secepat ini harus menggunakan pembelajaran secara daring. Kurangnya pemahaman tentang pembelajaran daring melalui aplikasi seperti Whatsapp, google classroom, Edmodo dan aplikasi lainnya ini menyebabkan pembelajaran secara daring di sekolah ini tidak berjalan secara optimal. Dengan demikian perlu adanya sosialisasi dan pelatihanterhadap para staf pengajar khususnya di SMA Negeri 1 Tasifeto Barat agar mereka dapat memahami penerapan aplikasi pembelajaran daring secara optimal selama masa pandemi covid-19.
References
DAFTAR PUSTAKA
Asmara, C. G. (2020, March 25). Para siswa, simak surat terbaru Mendikbud Nadiem untuk kalian. CNBC Indonesia. Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200325124101-37-147405/para-siswa-simak-surat-terbarumendikbud-nadiem-untuk-kalian
Darmalaksana, W., Hambali, R., Masrur, A., &Muhlas, M. (2020).Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21.KaryaTulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-12.
Fajar, T. (2020, March 25). Arti belajar di rumah di tengah wabah virus corona.Okezone News. Retrieved from https://news.okezone.com/read/2020/03/25/65/218 8872/arti-belajar-di-rumah-di-tengah-wabahvirus-corona
Firman&Rahman, S.R. 2020.Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19.Indonesian Journal of Educational Science (IJES).02(02). 81-89
A. Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile
B. computing devices in higher education:
C. Student perspectives on learning with
D. cellphones, smartphones & social media.
E. The Internet and Higher Education,
F. 19, 18ââ¬â26. https://doi.org/10.1016/j.
G. iheduc.2013.06.002
H. Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile
I. computing devices in higher education:
J. Student perspectives on learning with
K. cellphones, smartphones & social media.
L. The Internet and Higher Education,
M. 19, 18ââ¬â26. https://doi.org/10.1016/j.
N. iheduc.2013.06.002
O. Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile
P. computing devices in higher education:
Q. Student perspectives on learning with
R. cellphones, smartphones & social media.
S. The Internet and Higher Education,
T. 19, 18ââ¬â26. https://doi.org/10.1016/j.
U. iheduc.2013.06.002
V. Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile
W. computing devices in higher education:
X. Student perspectives on learning with
Y. cellphones, smartphones & social media.
Z. The Internet and Higher Education,
AA. 19, 18ââ¬â26. https://doi.org/10.1016/j.
BB. iheduc.2013.06.0Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. The Internet and Higher Education, 19, 18ââ¬â26. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S1096751613000262?via%3Dihub
Hamdani, A. R., &Priatna, A. (2020).Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) dimasaPandemiCovid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik :JurnalIlmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1ââ¬â9. http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/120
Hasanah, A., Lestari, A. S., Rahman, A. Y., & Daniel, Y. I. (2020).Analisis aktivitas belajar daring mahasiswa pada pandemi Covid-19.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., &Kuswanto, H. (2020).Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.
Kumar, V., & Nanda, P. 2018. Social Media in Higher Education.International Journal of Information and Communication Technology Education. https://doi.org/10.4018/ijicte.2019010107
Rachmat, A., &Krisnadi, I.(2020). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring (Online) Untuk Siswa SMK NEGERI 8 Kota Tangerang Pada Saat Pandemi COVID 19.
Sicat, A. S. 2015. Enhancing College Studentsââ¬â¢ Proficiency in Business Writing Via Schoology.International Journal of Education and Research
So, S. 2016.Mobile instant messaging support for teaching and learning in higher education. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2016.06.001
Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., &Nunamaker, J. F. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM. https://dl.acm.org/doi/10.1145/986213.986216
Author Biography
Lusia Naimnule, Universitas Timor
Pendidikan Biologi-Fakultas Ilmu Pendidikan
License
Copyright (c) 2022 Lusia - Naimnule
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Pengembangan (JPPM) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JPPM).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).