Peningkatan Literasi AI dan Computational Thinking Guru Geografi melalui Pelatihan Berbasis Data Geospasial dan Ekskursi Lapangan
Authors
Alfyananda Kurnia Putra , Diky Al Khalidy , Budi Handoyo , Novika Adi Wibowo , Purwanto , Listyo Yudha Irawan , Anugrah Januar Ratri , Vita Nuraini Dewanti , Rendra ArjitaDOI:
10.29303/jppm.v8i4.9877Published:
2025-11-13Issue:
Vol. 8 No. 4 (2025): NovemberKeywords:
Literasi AI, Computational Thinking, Pembelajaran GeografiArticles
Downloads
How to Cite
Metrics
Abstract
Artificial intelligence (AI) dan computational thinking telah membuka peluang transformasi dalam pembelajaran Geografi berbasis data dan teknologi. Namun, sebagian besar guru Geografi, khususnya di wilayah dengan keterbatasan akses seperti Kabupaten Banyuwangi, belum memiliki kompetensi yang memadai. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi dalam literasi AI dan computational thinking guru Geografi melalui pelatihan berbasis praktik. Metode yang digunakan yaitu workshop klasikal dan ekskursi lapangan, dengan materi (1) Workshop literasi AI: pengenalan dan praktik perangkat lunak dengan studi kasus geospasial, serta ekskursi lapangan secara langsung (2) Pelatihan computational thinking, dan (3) Pendampingan langsung guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis AI. Evaluasi dilakukan melalui pretest-posttest pada variabel literasi AI dan computational thinking, serta survei persepsi. Hasil analisis Wilcoxon Signed-Rank menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada skor literasi AI (rata-rata pretest 4,00 menjadi 7,98) dan computational thinking (dari 3,57 menjadi 7,73) dengan p-value < 0,001. Selain itu, 90% peserta menyatakan kesiapan untuk mengimplementasikan pendekatan berbasis AI di kelas. Hasil ini menunjukkan pelatihan berbasis konteks dan praktik dapat meningkatkan kompetensi guru secara efektif. Rekomendasi program pengabdian yaitu adanya pendampingan lebih lanjut, terutama dalam aspek teknis untuk memastikan implementasi dan keberlanjutan inovasi pembelajaran berbasis geospasial, AI, serta praktik lapangan.
References
Abid, S. K., Sulaiman, N., Chan, S. W., Nazir, U., Abid, M., Han, H., Ariza-Montes, A., & Vega-Muñoz, A. (2021). Toward an Integrated Disaster Management Approach: How Artificial Intelligence Can Boost Disaster Management. In Sustainability (Vol. 13, Issue 22).
Biagini, G. (2025). Towards an AI-Literate Future: A Systematic Literature Review Exploring Education, Ethics, and Applications. International Journal of Artificial Intelligence in Education. https://doi.org/10.1007/s40593-025-00466-w
de la Vega, A. G. (2022). A Proposal for Geography Competence Assessment in Geography Fieldtrips for Sustainable Education. Sustainability (Switzerland), 14(3).
Duarte, L., Teodoro, A. C., & Gonçalves, H. (2022). Evaluation of Spatial Thinking Ability Based on Exposure to Geographical Information Systems (GIS) Concepts in the Context of Higher Education. ISPRS International Journal of Geo-Information, 11(8).
Fahmi, M. R., Putra, A. K., Handoyo, B., & Sumarmi. (2022). Development of Web-Based Virtual Reality as Media Learning for Baluran Conservation Area with Geographical Characteristics. Proceedings of the 2nd International Conference on Social Knowledge Sciences and Education (ICSKSE 2022), 332–346.
Goel, A., Goel, A. K., & Kumar, A. (2023). The Role of Artificial Neural Network and Machine Learning in utilizing Spatial Information. Spatial Information Research, 31(3), 275–285.
Khalidy, D. Al, Bachri, S., Sumarmi, Utaya, S., & Putra, A. K. (2025). The Potential of Grajagan Beach Geosite as a Geoeducation in Physical Geography. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 16(1), 11–20. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/paedagoria.v16i1.26902
Kim, J., Lee, H., & Cho, Y. H. (2022). Learning Design to Support Student-AI Collaboration: Perspectives of Leading Teachers for AI in Education. Education and Information Technologies, 27(5), 6069–6104.
Lee, J. (2023). Beyond Geospatial Inquiry—How Can We Integrate the Latest Technological Advances into Geography Education? In Education Sciences (Vol. 13, Issue 11).
Li, J., Xia, H., Qin, Y., Fu, P., Guo, X., Li, R., & Zhao, X. (2022). Web GIS for Sustainable Education: Towards Natural Disaster Education for High School Students. Sustainability (Switzerland), 14(5), 1–18.
Li, W., & Hsu, C.-Y. (2022). GeoAI for Large-Scale Image Analysis and Machine Vision: Recent Progress of Artificial Intelligence in Geography. In ISPRS International Journal of Geo-Information (Vol. 11, Issue 7).
Luo, H., Zuo, M., & Wang, J. (2022). Promise and Reality: Using ICTs to Bridge China’s Rural–Urban Divide in Education. Educational Technology Research and Development, 70(3), 1125–1147.
Madridano, Á., Al-Kaff, A., Martín, D., & de la Escalera, A. (2021). Trajectory Planning for Multi-Robot Systems: Methods and Applications. Expert Systems with Applications, 173, 114660.
Masruroh, H., Sahrina, A., Khalidy, D. Al, & Trihatmoko, E. (2024). Generating Mobile Virtual Tour Using UAV and 360 Degree Panorama for Geography-Environmental Learning in Higher Education. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 18(2), 118–133.
Mukasheva, M., Kornilov, I., Beisembayev, G., Soroko, N., Sarsimbayeva, S., & Omirzakova, A. (2023). Contextual Structure as an Approach to the Study of Virtual Reality Learning Environment. Cogent Education, 10(1).
Munir, H., Vogel, B., & Jacobsson, A. (2022). Artificial Intelligence and Machine Learning Approaches in Digital Education: A Systematic Revision. In Information (Vol. 13, Issue 4).
Putra, A. K., Soekamto, H., Masruroh, H., Handoyo, B., Huda, I. A. S., & Syaibana, P. L. D. (2022). Pelatihan Gamification berbasis Game-Based Virtual Learning Environment sebagai Penunjang Immersive Learning. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 2075.
Putra, A. K., Sumarmi, S., Handoyo, B., & ... (2021). Pengembangan Virtual Field Trips berbasis Geospatial Technology: Peningkatan kompetensi TPACK guru melalui GeoEdu Workshop. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(12), 1354–1363.
Ranatunga, S., Ødegård, R. S., Jetlund, K., & Onstein, E. (2025). Use of Semantic Web Technologies to Enhance the Integration and Interoperability of Environmental Geospatial Data: A Framework Based on Ontology-Based Data Access. In ISPRS International Journal of Geo-Information (Vol. 14, Issue 2).
Rundel, C., & Salemink, K. (2021). Bridging Digital Inequalities in Rural Schools in Germany: A Geographical Lottery? In Education Sciences (Vol. 11, Issue 4).
Salsabila, A., & Putra, A. K. (2024). Visualisasi Proses Vulkanisme melalui Media Pembelajaran Animasi berbasis Augmented Reality sebagai Media Digital Geografi. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7, 234–248.
Sebestyén, V., Czvetkó, T., & Abonyi, J. (2021). The Applicability of Big Data in Climate Change Research: The Importance of System of Systems Thinking. Frontiers in Environmental Science, 9(March), 1–26.
Sharma, S., Beslity, J. O., Rustad, L., Shelby, L. J., Manos, P. T., Khanal, P., Reinmann, A. B., & Khanal, C. (2024). Remote Sensing and GIS in Natural Resource Management: Comparing Tools and Emphasizing the Importance of In-Situ Data. In Remote Sensing (Vol. 16, Issue 22).
Tatar, C., Jiang, S., Rosé, C. P., & Chao, J. (2025). Exploring Teachers’ Views and Confidence in the Integration of an Artificial Intelligence Curriculum into Their Classrooms: A Case Study of Curricular Co-Design Program. International Journal of Artificial Intelligence in Education, 35(2), 702–
Tedre, M., Toivonen, T., Kahila, J., Vartiainen, H., Valtonen, T., Jormanainen, I., & Pears, A. (2021). Teaching Machine Learning in K–12 Classroom: Pedagogical and Technological Trajectories for Artificial Intelligence Education. IEEE Access, 9, 110558–110572.
Weng, Xiaojing, Ye, Huiyan, Dai, Yun, & Ng, Oi-lam. (2024). Integrating Artificial Intelligence and Computational Thinking in Educational Contexts: A Systematic Review of Instructional Design and Student Learning Outcomes. Journal of Educational Computing Research, 62(6), 1420–1450.
Wu, Ting-Ting, Asmara, Andik, Huang, Yueh-Min, & Permata Hapsari, Intan. (2024). Identification of Problem-Solving Techniques in Computational Thinking Studies: Systematic Literature Review. SAGE Open, 14(2),
Yildiz Durak, H. (2021). Preparing Pre-Service Teachers to Integrate Teaching Technologies into Their Classrooms: Examining the Effects of Teaching Environments based on Open-Ended, Hands-on and Authentic Tasks. Education and Information Technologies, 26(5), 5365–5387.
Zhang, W. (2022). The Role of Technology-Based Education and Teacher Professional Development in English as a Foreign Language Classes. Frontiers in Psychology, 13(June).
License
Copyright (c) 2025 Alfyananda Kurnia Putra, Diky Al Khalidy, Budi Handoyo, Novika Adi Wibowo, Purwanto, Listyo Yudha Irawan, Anugrah Januar Ratri, Vita Nuraini Dewanti, Rendra Arjita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Pengembangan (JPPM) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JPPM).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).


