Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Tipe Diagram Vee Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI SMA Al-Maââ¬â¢arif Sangkong
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan lembar kerja siswa (LKS) tipe diagram Vee terhadap hasil belajar kimia materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI SMA Al-Maââ¬â¢arif Sangkong Lombok Tengah. Jenis penelitian ini merupakan quasy eksperimental. Desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design posttest only. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Al-Maââ¬â¢arif Sangkong. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan lembar kerja siswa (LKS) tipe diagram Vee, sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji statistika uji-t pada taraf signifikan 5% menunjukkan thitung (0,27) < ttabel (2,035) yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan lembar kerja siswa (LKS) tipe diagram Vee terhadap hasil belajar kimia materi kelarutan dan hasil kali kelarutan pada siswa kelas XI IPA SMA Al-Maââ¬â¢arif Sangkong Lombok Tengah tidak memberikan pengaruh yang signifikan
ÃÂ
Kata kunci: inkuiri terbimbing, diagram Vee, hasil belajar kimia.
Referensi
Adetya. Nais, Pinta . 2015. Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI SMA Institut Indonesia pada Materi Hidrolisis Garam. (Skripsi tidak dipublikasikan). Semarang: FMIPA UNNES.
Al-Idrus, S. W., Hakim, A., & Ningsyih, S. (2019). Colloid, Blood, and Kidney: Chemistry Topics to Support Meaningful Learning for Biology Students. Creative Education, 10(4), 650-654.
Elprianti, Normita. Iriani, Bakti. 2016. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Diagram Vee pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 7(1): 56-65.
Hapsari, D. P. 2012. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing dengan Diagram Vee dalam Pembelajaran Biologi Terhadap Kem66ampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi. 4(3): 16-28.
Haryanto. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran Fisika Kelas VII Materi Gaya Ditinjau Dari Minat Baca Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 1(1): 118.
Mardliyah, Fadliylatum. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Bervisi SETS Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram (Skripsi tidak dipublikasikan). Mataram: Universitas Mataram.
Novak, J.D. Gowin, D.B. 2008. Learning How To Learn. New York: Cambridge University Press.
Sari, Puspita M. 2007. Efektivitas Penggunaan Diagram Vee dan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Memperhatikan Kreatitivitas Siswa pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI Ilmu Alam Semester 2 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2006/2007. (Skripsi tidak dipublikasikan). Universitas Sebelas Maret.
Setiowati, H., Agung, N., Widiastuti, A. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dilengkapi LKS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(4): 54-60.
Sudarmin. 2015. Model Pembelajaran Inovatif Kreatif. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R and D.Bandung: Alfabeta.
Sumarni, S. Santoso, B.D. Suparman. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMA Negeri 01 Manokwari (Studi Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Nalar Pendidikan, 5(1): 21-30.