Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Kegiatan Bermain Ular Tangga Pada Anak Kelompok B Di PAUD Merpati Ampenan
Kata Kunci:
Kemampuan Berhitung, Ular TanggaAbstrak
Kemampuan berhitung pada anak usia diniÃÂ penting untuk dikembangkan karena bermanfaat meningkatkan kemampuannya ke tahap pendidikan selanjutnya. Akan tetapi, pada kenyataannya di PAUD Merpati Ampenan kemampuan berhitung anak kelompok B masih rendah. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan media pembelajaran yang menyenangkan agar kemampuan berhitung anak berkembang maksimal.ÃÂ Adapun tujuan penelitian ini adalahÃÂ mengetahui bagaimana penerapan kegiatan bermain ular tangga yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B di PAUD Merpati Ampenan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 anak ( 7 anak perempuan dan 5 anak laki-laki). Tehnik pengumpulan data menggunakan metode observasi. Tehnik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Langkah-langkah dalam bermain ular tangga yaitu (a) memperkenalkan permainan ular tangga, (b) membantu anak untuk menentukan kelompoknya dengan cara hompimpa, (c) memberitahukan kepada anak cara atau langkah dalam bermain ular tangga dengan cara mempraktekkan langsung kepada anak, (d) mengamati perkembangan anak selama permainan berlangsung, (e) melakukan diskusi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pengembangan I sebesar 56,42%, pengembangan IIÃÂ sebesar 70,65% dan pada pengembangan III sebesar 89,75%, dengan peningkatan 14,23% menunjukkan adanya peningkatan yang terjadi pada pengembangan I ke pengembangan II dan 19,10% menunjukkan adanya peningkatan dari pengembangan II ke pengembangan III. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berhitung terjadi melalui kegiatan bermain ular tangga pada anak kelompok B di PAUD Merpati Ampenan tahun pelajaran 2016/2017.Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Azwar. S. 2012. Metode Penelitian. Jakarta : Buku Beta
Handayani, Sri. 2012. Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Ular Tangga di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Simpang IV Agam. Universitas Negeri Padang http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/1659 diunduh pada 5 November 2015 pukul 20.18 Wita
Hartati, Sofia. 2005. Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini. Jakarta:Depdiknas.
Hurlock B. Elisabeth. 1978. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga
Murdjito. 2007. Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan DiTaman Kanak-Kanak . Jakarta: Depdiknas.
Nurkancana, I Wayan dan Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya.
Seri Yulvia. 2001. Strategi Pengembangan Matematika Anak Usia Dini. Semarang: IKIP Veteran Press
Ratnaningsih. 2013. Sampai Dimana kemampuan Anak Prasekolah. Jakarta:
Media Kita.
Sriningsih, Nining. 2008. Pembelajaran Matematika Terpadu Untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas.
Sudono, A. 2010. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: Grasindo
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta.