Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Penerapan Permainan Ular Tangga

Penulis

  • Dwi Istati Rahayu Universitas Mataram
  • Maharani Maharani Universitas Mataram
  • Takasun Takasun2 Universitas Mataram
  • Nursulistianingsih Nursulistianingsih Universitas Mataram

Kata Kunci:

Kemampuan berhitung anak usia dini, permainan ular tangga

Abstrak

Kemampuan berhitung anak masih rendah, terutama dalam memahami lambang bilangan dan urutannya, membilang sesuai urutan, dan mengurutkan sesuai lambang bilangan. Kemampuan ini harus segera diselesaikan, karena menjadi dasar untuk kemampuan berhitung lebih lanjut. Rendahnya kemampuan mengurutkan bilangan ini ditingkatkan melalui penerapan permainan tradisional ular tangga yang menyenangkan untuk anak-anak. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di TK Rinjani UNRAM kelas B1 dengan subjek 15 orang. Pelitian dilakukan dengan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Tiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, serta evaluasi dan refleksi. Kriteria ketuntasannya adalah 70% anak sudah mencapai 60 % kemampuan berhitung. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan secara bertahap dari setiap pertemuan dan siklus. Pada siklus pertama terdapat peningkatan, namun belum optimal. Rata-rata kemampuan anak meningkat menjadi 49%, dari sebelumnya 32%. Anak masih membutuhkan bantuan guru.à Pada siklus 2, aturan main diubah menjadi bermain secara berkelompok. Kemampuan berhitung anak meningkat menjadi 68%. Peningkatan ini juga disebabkan karena anak semakin memahami aturan permainannya, dan saling membantu satu sama lain ketika ada yang masih bingung.

Referensi

Beaty, J. Janice, Observing Development of The Young Child (terjemahan Observasi Perkembangan Anak Usia Dini oleh Arif Rakhman ) Jakarta, Prenadamedia, 2013

Dodge, T. Diane; Colker, J. Laura, The Creative Curriculum for Early Childhood, Washington DC, Teaching Strategic Inc, 1999,

Hughes, F. Fergus, Children, Play, and Development, 4nd ed., Sage Publications Inc, USA, 2010

Mutiah, Diana, Psikologi Bermain Anak Usia Dini, Kencana Prenada Media Grup, Jakarta, 2010

Seefeldt, Carol; Barbour, Nita, Early Childhood Education: an introduction, 3rd ed. Ontario, Maxwell Macmillan Canada Inc, 1994

Diterbitkan

2020-06-17