Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Topik Atmosfer Kelas X IPS 3 SMA Negeri 5 Mataram

Penulis

  • Emiliyati Emiliyati SMAN 5 Mataram, Jalan Udayana No 2A Mataram, Nusa Tenggara Barat
  • Arofik Arofik SMAN 5 Mataram, Jalan Udayana No 2A Mataram, Nusa Tenggara Barat

Kata Kunci:

penelitian tindakan kelas discovery learning, Motivasi, hasil belajar

Abstrak

Pelajaran Geografi bagi siswa masih di anggap pelajaran sulit karna konsep teori yang selalu selalu ada pada setiap topik. Sala satunya adalah topik Atmosfer. Siswa seringkali mengalami kesulitan sehingga tingkat ketuntasan belajar siawa kelas X IPS 3 SMAN 5 Mataram masih di bawah rata- rata. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil motivasi dan hasil belajarà geografi melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada materi Atmosfer pada siswa kelas X IPS 3 SMAN 5 mataramà tahun pelajaran 2019. Jenis penelitian ini adalahà menggunakan metodeà kemmis danà Mc Taggart. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) ada peningkatan Motivasi dan hasil belajar siswa dalam menerapkan model pembelajaranà Discovery Learning.à peningkatan hasil belajar siswaà SMAN 5 Mataram dapat di tempuh dengan metode penemuan konsep dengan metode kolaborasi antara guru dan siswa dalam mendiskusikan dengan cara penemuan masalah materi sulit sehingga menjadi materi yang senang untuk di pelajarià dan memahami konsep yang bisa siswa hubungkan dengan fenomena dalam kehidupan sehari ââ¬â hari ; 2)à perolehan nilai rata rataà setiap siklusnyaà mengalami peningkatan, siklus I di nilai rata rata yang peroleh sebesar 7,3, pada siklus IIà megalami peningkatan yaitu 8,0. Selain nilai rata rata. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan, begitu jugaà dengan aktivitas guru dari pertemuan ke pertemuanà pada setiap siklus mengalami peningkatan.

Referensi

Arikunto, S. (2006).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

--------------, (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman, (2012).Belajar dan Pembelajaran.Bandung Alfabeta.

Baharuddin & Wahyum, E.N. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran.Jogjakarta: Arr-Ruzz Media.

Bambang, Warsita. (2008). Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya.Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono, (2006).Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri, ( 2002).Psikologi Belajar. Jakarta Rineka Cipta.

Elfanany, Buchan. (2013). Penelitian Tindakan Kelas.Yogyakarta: Araska.

Hamzah B Uno, 2008.Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di BidangPendidikan.Jakarta:Bumi Aksara.

Isjoni, (2012).Cooperative Learning.Bandung: Alfabeta.

Karwati, Euis dan Donni Juni Priansa, (2014).Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta.

Kunandar, (2008).Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru.Jakarta : Rajawali Pers.

Majid, Abdul., (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purbandaru Adi Susila. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sosiologi Kelas X-7 SMA Negeri Kebakkramat Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014.Surakarta: FKIP: UNS.

Purwanto, Ngalim. (1990). Psikologi Pendidikan.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman.(2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Jakarta: RajaGrafindo Persada.

-----------, (2013).Model-ModelPembelajaran.Jakarta:RajaGrafindo Persada.

Sardiman, A.M. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sri Kasih. (2012). Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas V SD Negeri PurworejoKecamatan Margoyoso Kabupaten PatiTahunPelajaran2012/2013.Surakarta: UMS

(http://eprints.ums.ac.id/20933/13/NASKAH PUBLIKASI.pdt)

Sudarmi & Indriyanto.(2009). Sosiologi Untuk Kelas X SMA dan MA 1.Jakarta: Usaha Makmur.

Sugiyanto, (2009).Model-ModelPembelajaranInovatif.Surakarta:PanitiaSertifikasiGuru Rayon 13 FKIP UNS Surakarta.

Suharsimi, Arikunto, dkk. (2007).Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : Bumi Aksara.

Suprijono, Agus. (2009). Cooperative Learning.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syah, Muhibbin. (2008). Psikologi Belajar.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang, Sistem Pendidikan Nasional.Bandung: Citra Umbara.

Diterbitkan

2020-06-20