Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Proses pelaksanaan evaluasi pembelajaran HOTS pada mata pelajaran sosiologi melalui penerapan metode pembelajaran di SMAN 1 Terara; (2) Kendala pelaksanaan evaluasi pembelajaran HOTS pada mata pelajaran sosiologi melalui metode pembelajaran di SMAN 1 Terara; (3) Upaya guru dalam mengatasi kendala pelaksanaan evaluasi pembelajaran HOTS melalui metode pembelajaran di SMAN 1 Terara. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data dengan model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pelaksanaan evaluasi pembelajaran HOTS pada mata pelajaran sosiologi melalui 3 tahap yaitu, tahap perencanaan meliputi menentukan tujuan evaluasi pembelajaran, menyusun kisi-kisi, menulis soal, uji coba dan analisis soal, dan revisi soal. Tahap pelaksanaan dilihat dari penilaian ranah kognitif dan psikomotorik melalui penerapan metode PBL. Tahap hasil evaluasi dilihat dari hasil ujian siswa. (2) Kendala pelaksanaan evaluasi pembelajaran HOTS yaitu, kendala internal mencakup guru kesulitan dalam menentukan metode dan media yang sesuai untuk siswa, keterbatasan waktu dalam pembelajaran, dan kesulitan dalam menyusun soal bertaraf HOTS. Kendala eksternal yaitu tidak adanya pembaruan program. (3) Upaya dalam mengatasi kendala tersebut yaitu guru mengikuti pelatihan atau workshop yang diadakan di sekolah maupun di luar sekolah.
Dwi Elva, (2018). Implelmelntasi Elvaluasi Belrbasis HOTS (High Ordelr Thinking Skills) Telrhadap Pelningkatan Kelmampuan Pelnalaran Velrbal Siswa Dalam Pelmbellajaran PAI Di SMPN 7 Belkasi. Jurnal Pelndidikan Islam. Vol. 2(1)
Ellis Ratnawulan, H.A Rusdiana, Elvaluasi pelmbellajaran delngan pelndelkatan kurikulum 2013, (Bandung:Pustaka Seltia, 2019), h. 1.
Gustia & Siti, (2019). Analisis Kelmampuan Belrfikir Tingkat Tinggi Siswa SMAN Kellas X Di Kota Solok Pada Konteln Biologi. Journal Of Elducation Informatic Telchonology And Scielncel. Vol. 1(1)
Haryanto, (2020). Elvaluasi Pelmbellajaran (Konselp Dan Manajelmeln). UNY Prelss.
Hayat, dkk. (2018). Pelrelncanaan, Pelngelmbangan Dan Pellaksanaan Elvaluasi Pelmbellajaran PAI Di SDN 064988 Meldan Johor. Jurnal Eldu Riligia. Vol. 2(3)
Kelmelndikbud, (2016). Silabus Mata Pellajaran Selkolah Melnelngah Atas/Madrasah Alyah (SMA/MA) Mata Pellajaran Sosiologi
Kelmelndikbud. (2014). Konselp dan Implelmelntasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kelmelntrian Pelndidikan dan Kelbudayaan.
Kristiyono, Agus. (2018). Urgelnsi dan Pelnelrapan Highelr Ordelr Thinking Skills Di Selkolah. Jurnal Pelndidikan.
Riadi Akhmad. (2017). Problelmatika Sistelm Elvaluasi Pelmbellajaran. Jurnal kopelrtais wilayah XI kalimantan. Vol. 15(27)
Roselta niki. (2019). Analisis Hamabatan Pellaksanaan Elvaluasi Pelmbellajaran Yang Dihadapi Guru Mata Pellajaran Elkonomi Di SMA Plus Nelgelri 7 Kota Belngkulu. Jurnal Pelndidikan
Copyright (c) 2025 novia misruniati, Hairil Wadi, Suud
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The FKIP University of Mataram Journals is Open Access Journals provides quality journal publication services to documenting and preserving scientific article from the results of your research