Penelitian ini bertujuan guna mengetahui: (1) kompetensi pedagogik dan profesional guru sosiologi tersertifikasi selama wabah covid-19 mengenai proses pembelajaran daring dan luring di SMAN 6 Mataram; (2) persamaan dan perbedaan kompetensi pedagogik dan profesional guru sosiologi tersertifikasi sepanjang proses pembelajaran daring dan luring selama wabah covid-19 di SMAN 6 Mataram. Pendekatan metode kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data dengan menggunakan metode wawancara terorganisir, observasi, dan dokumentasi. Dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan merupakan langkah awal dalam analisis data dengan menggunakan paradigma Miles dan Huberman. Hasil penelitian menujukkan bahwa : (1) Guru sosiologi tersertifikasi SMAN 6 Mataram memiliki kompetensi pedagogik dan profesional yang baik dalam mekanisme pembelajaran daring dan luring selama wabah covid-19; (2) Terdapat persamaan kompetensi pedagogik guru sosiologi tersertifikasi dalam hal perencanaan, dan evaluasi pembelajaran, sedangkan perbedaan ditemukan dalam hal pelaksanaan pembelajaran daring dan luring. Adapun persamaan pada ranah kompetensi profesional ditunjukkan dalam hal penguasaan materi, KI dan KD, serta keahlian IPTEK dalam hal perencaanaan, dan evaluasi, sedangkan perbedaan ditemukan pada tahap penyelenggaraan pembelajaran daring dan luring selama wabah covid-19 di SMAN 6 Mataram.
Alfiah, L. N., Rokhim, D. A., & Wulandari, I. A. I. (2020). Analisis Dampak Anjuran Pemerintah Terhadap Belajar Di Rumah Bagi Pelaku Pendidikan. Jamp: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 216-223.
Habibah, S. N. (2015). Hubungan kompetensi pedagogik Guru PAI dengan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Dongko Trenggalek (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67-76.
Rizaldy, M. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Negeri 2 Gowa Melalui Pendekatan Kualitatif (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Romdani, L. S., Lestari, N., & Merta, I. W. (2016). Penerapan Penilaian Non Tes Sebagai Upaya Meningkatkan Sikap Dan Keterampilan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI IPA Di Man 2 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pijar Mipa, 11(2).
Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. (2016). Profil penilaian hasil belajar siswa berdasarkan kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 39-55.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitiatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Surat Edaran No. 15 tahun 2020 tentang PEDOMAN PENYELENGGARAAN BELAJAR DARI RUMAH DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19)
Utami, I. H., & Hasanah, A. (2020). Kompetensi profesional guru dalam penerapan pembelajaran tematik di SD Negeri Maguwoharjo 1 Yogyakarta. Pionir: jurnal pendidikan, 8(2).
Yulianti, K., & Utomo, U. (2022). Perbandingan Implementasi Pembelajaran Daring dan Luring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2410-2418.
Hak Cipta (c) 2023 Baiq Siti Lauhil Bariah, Hairil Wadi, Suud Suud
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The FKIP University of Mataram Journals is Open Access Journals provides quality journal publication services to documenting and preserving scientific article from the results of your research