Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui fitur media sosial Instagram yang sering diakses oleh remaja di BTN Bukit Permai blok CC, Kecamatan Seketeng, Kabupaten Sumbawa Besar; 2) Untuk mengetahui sikap sosial remaja setelah mengakses fitur media sosial Instagram yang disukainya; dan 3) Untuk mengetahui peran media sosial Instagram dalam pembentukan sikap sosial remaja. Metode studi kasus dipadukan dengan pendekatan kualitatif dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder, dengan subjek penelitian dan informan penelitian sebagai sumber data. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data. Metode pemeriksaan informasi dalam penelitian ini adalah strategi pemeriksaan subyektif model Miles dan Huberman dengan teknik khusus penurunan informasi, pengungkapan informasi dan penentuan pencapaian. (1) Fitur yang sering diakses remaja di BTN Bukit Permai Blok CC Kecamatan Seketeng Kabupaten Sumbawa Besar adalah fitur kamera, Instastory, dan Browser; (2) sikap sosial yang terbentuk pada remaja di BTN Bukit Permai Blok CC Kecamatan Seketeng Kabupaten Sumbawa Besar setelah mengakses fitur dan konten di media sosial Instagram adalah sikap peduli dan empati; dan (3) peran media sosial Instagram dalam mengangkat dua jenis sosial
Kata kunci: Peran, Media Sosial Instagram, Sikap Sosial
Ayun, P. Q. (2015). Fenomena remaja menggunakan media sosial dalam membentuk identitas. Jurnal Channel, 3(2), 1-16.
Karuniawan, A., & Cahyanti, I. Y. (2013). Hubungan antara academic stress dengan smartphone addiction pada mahasiswa pengguna smartphone. Jurnal psikologi klinis dan kesehatan mental, 2(1), 16-21.
Kau, M. A. (2010). Empati dan Perilaku prososial pada anak. Jurnal Inovasi, 7(03).
Kertamukti, R. (2015). Instagram dan pembentukan citra (Studi kualitatif komunikasi visual dalam pembentukan personal karakter account instagram@ basukibtp). Profetik: Jurnal Komunikasi, 8(1).
Mahendra, B. (2017). Eksistensi Sosial Remaja dalam Instagram (Sebuah Perspektif Komunikasi). Jurnal Visi Komunikasi, 16(1), 151-160.
Martha, Z. (2021). Penggunaan fitur media sosial instagram stories sebagai media komunikasi. Jurnal Komunikasi Nusantara, 3(1), 26-32.
Prihatiningsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram di Kalangan Remaja. Communication, 8(1), 51-56.
Puspitasari, F. I. (2015). Kebutuhan remaja untuk mengirim foto atau video di Instagram. Jurnal Psikologi Ulayat, 2(2), 474-485.
Sakti, B. C., & Yulianto, M. (2018). Penggunaan media sosial instagram dalam pembentukan identitas diri remaja. Interaksi Online, 6(4), 490-501.
Setiawatri, N., & Kosasih, A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Sosial Pada Masyarakat Pluralisme Di Cigugur Kuningan. Jurnal pendidikan karakter, 10(2).
Hak Cipta (c) 2023 Resta Ayu Ramdhany, Masyhuri Masyhuri, Suud Suud
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The FKIP University of Mataram Journals is Open Access Journals provides quality journal publication services to documenting and preserving scientific article from the results of your research