Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi media sosial instagram dan budaya konsumtif remaja di SMAN 7 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa fungsi Media Sosial Instagram yakni: a) Fungsi Interaksi Sosial; b) Fungsi Ekspresi Kreatif; c) FungsiMedia Hiburan; d) Fungsi Media Informasi; dan e) Fungsi Media Pemasaran. Budaya konsumtif yang paling dominan dalam penelitian ini yaknibudaya konsumtif berdasarkan atas keinginan. Hal ini ditandai dengan remaja membeli dan mengoleksi barang seperti skincare dengan berbagai macam merek meskipun memiliki fungsi yang sama yaitu dengan tujuan mengatasi masalah kulit wajahnya seperti berjerawat. Selanjutnya, hasil penelitian menemukan bahwa remaja berbelanja pakaian karena tertarik oleh iklan yang ditayangkan pada media sosial instagram. Selain itu, hasilpenelitian menemukan bahwa remaja mengoleksi pakaian untuk menunjang penampilannya agar dapat meningkatkan rasa kepercayaan dirinya
Adani, M.R. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Manfaat untuk Bisnis. Diakses dari https://www.sekawanmedia.co.i d/media-sosial-untuk-bisnis/ pada tanggal 01 Mei 2021.
Asmara, R.A.D. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pengguna Instagram. Skripsi. IAIN Ponorogo. Diakses dari http://etheses.iainponorogo.ac.id/3905/1/perpus.pdf pada tanggal 26 April 2020
Heru. (2017). 17FungsiMedia Komunikasi Secara Umum. Diakses dari https://pakarkomunikasi.com/fu ngsi-media-komunikasi pada tanggal 01 Mei 2021. berdasarkan atas keinginan (desire), karena remaja-remaja sering kali menggunakan media sosial instagram untuk berbelanja online.
Hunaeni, H., Hariyanto., & Rispawati. (2020). Pemanfaatan Berita Politik Pada Siaran Televisi Sebagai Media Pembelajaran PPKn (Di MTs. Nurussalam Tetebatu Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur). Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman. 7(2). 68-75.
Islamy, D.P. (2015).Pengaruh Online Shop pada Media Sosial Instagram terhadap Perilaku Konsumtif Siswa-SiswiSmp Islam Cikal Harapan I Bumi Serpong Damai (Bsd) Kota Tangerang Selatan. Skripsi. Tidak diterbitkan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Jakaria., Rispawati., & Jahiban, M. (2020). Pelayanan publik perangkat desa terhadap kepuasan masyarakat dalam pembuatan KK (studi deskriptif desa jerowaru, kecamatan jerowaru, kabupaten lombok timur). JurnalPendidikan Sosial Keberagaman. 7(2). 76-87.
Kurniawati, D., & Arifin, N. (2015).Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial dan Minat Beli Mahasiswa. Jurnal Simbolika.1 (2).193-198.
Mardiyah, F. (2020). Fungsi Media Massa Tak Sekadar Hiburan. Diakses dari https://tempo- institute.org/berita/fungsi- media-massa/ pada tanggal 01 Mei 2021.
Marlangan, Suryanti, & Syafruddin. (2020). Kekerasan di Sekolah Studi pada Siswa Sma/Smk di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman.
Miranda, Sofia. (2017). Pengaruh Instagram sebagai Media Online Shopping Fashion terhadap perilaku Konsumtif Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan politik Universitas Riau. 4 (1). 1-15.
Moleong, L.J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Pratiwi, G.I. (2015). Perilaku Konsumtif Dan Bentuk Gaya Hidup (Studi Fenomenologi pada Anggota Komunitas Motor Bike of Kawasaki Riders Club (BKRC) Chapter Malang). Jurnal Mahasiswa Sosiologi. 1 (5).
Putra, H. (2019). Wisata Kuliner Dan Gaya Hidup Masyarakat Konsumsi Pada Era Digital: Analisa Teologis Dengan Perspektif Budaya Populer. Jurnal Budidaya Teologi. 3 (2), 33-48.
Rezwini, T. (2017). Media Sosial Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Diakses dari https://communication.binus.ac.i d/2017/12/29/media-sosial- dalam-kehidupan-sehari-hari/ pada tanggal 01 Mei 2021.
Riyanto, G.P. (2021). Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta. Diakses dari https://amp.kompas.com/tekno/r ead/2021/02/23/16100057/jumla h-pengguna-internet-indonesia- 2021-tembus-202-juta pada tanggal 30 Juli 2021.
Sabillah, M.P. (2017). Tak Hanya Biar Eksis, Ternyata Gemar Berselfie Punya Banyak Manfaat Lho. Diakses dari https://cdn.okezone.com/underw ood/revamp/2018/home/img/fav icon/safari-pinned-tab.svg pada tanggal 01 Mei 2021.
Sari, C.A. (2015). Perilaku Berbelanja Online Di Kalangan Mahasiswi AntropologiUniversitas Airlangga.Skripsi. Universitas Airlangga. Diakses dari http://repository.unair.ac.id/159 44/ pada tanggal 25 April 2020.
Sumartono. (2002). Terperangkap dalam Iklan (Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi). Bandung: Alfabeta.
Yin, K. Robert. 2020. Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hak Cipta (c) 2023 Novitasari Novitasari, Ni Made Novi Suryanti, Masyhuri Masyhuri
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The FKIP University of Mataram Journals is Open Access Journals provides quality journal publication services to documenting and preserving scientific article from the results of your research