Penelitian bertujuan ini mengetahui (1) bagaimana pola kepemimpinan komunikasi kepala sekolah perempuan dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 5 Mataram (2) bagaimana hambatan komunikasi kepemimpinan kepala sekolah perempuan dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 5 Mataram (3) bagaimana upaya kepemimpinan kepala sekolah perempuan mengatasi hambatan komunikasi dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 5 Mataram. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Jenis data penelitian yaitu data primer dan sekunder. Sumber data penelitian adalah subjek dan informan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi & dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis data Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian (1) pola komunikasi kepemimpinan kepala sekolah perempuan dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 5 Mataram menggunakan 3 pola yaitu pola komunikasi roda, rantai dan bintang (2) hambatan komunikasi kepemimpinan kepala sekolah perempuan dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 5 Mataram yaitu terjadi karena perbedaan karakter dan kepribadian serta perbedaan pendapat dan pemikiran antara guru dengan kepala sekolah , (3) upaya kepemimpinan kepala sekolah perempuan mengatasi hambatan komunikasi dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 5 Mataram yaitu dengan kepala sekolah menyederhanakan bahasa, adanya perasaan empati dan guru menyimak secara efektif.
Fatimah. Djailani. Khairuddin. (2015). Komunikasi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SMA Negeri 1 Gumpang Kabupaten Pidie. Jurnal Administrasi Pendidikan. 3(4). 149-159.
Kristianti, E L. Muhyadi. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan (Studi Kasus SMKN 7, SMKN 1 Bantul, SMKN 1 Tempel). Jurnal Akuntibilitas Manajamen Pendidikan.3(1). 37-49.
Kuniawati, Intan. Roro, Retno Wulan. Indra, N.A Pamungkas. (2017). Pola Komunikasi Pertemuan Offline Komunitas Insta Nusantara Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi. 5(1). 31-42.
Kusdinar, Yudha Irawan. Widiastuti, Nela. (2020). Membangun Pola Komunikasi Berbantuan Teknologi Komunikasi "Slack". Media Komunikasi FPIPS. 62-72.
Mahmud, Dzulfikar. Aminah, Swarnawati. (2020). Pola Jaringan Komunikasi Organisasi pada Havara Organizer PT. Havara Ruhama Ramadhani di Tangerang Selatan. Persefektif Komunikasi: Jurnal ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis. 50-60.
Marhawati, Besse. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan pada Sekolah Efektif. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan. 1(2). 122-127.
Mudjia, Rahardjo. 2017. Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. Hal 10-22.
Ningtyas, velani A. Saputra, Viro D. Huda, Miftahu. (2021). Pola Komunikasi PT. Apparel One Indonesia Terhadap Produktivitas Karyawan pada Masa Pandemi Covid. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam. 1(2). 127-140
Pane, Akhiril. (2018). Menyimak Sebagai Keterampilan Berkomunikasi. Jurnal thariqah ilmiah. 6(2). 89- 101.
Prasetijowati, Tri. Nurany, Fierda. Resa, Muhammad N J. (2023). Pola Komunikasi Organisasi Ketua Tim Sepakbola City Of Heroes Surabaya untuk Mengkoordinasi Anggota dalam Organiasi. Journal of Public Administration. 2(1). 22-31.
Rahim, Abdul. (2016). Peran Kepemimpinan Perempuan dalam Persepektif Gender. Jurnal Al- Mayyah. 9(2). 265-295.
Ruslan. (2012). Membangun Karakter Sekolah Bermutu Melalui Komunikasi Efektif. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan.
Soenar, Hainun Mardhiyyah. Nurrahmawati. (2021). Analisis Jaringan Komunikasi dan Eksistensi dalam Komunitas X Kota Bandung. Journal Riset Public Relations. 1(2). 96-103.
Thalib, Shania S. Alkatiri, Jufri. (2021). Pola Komunikasi Protokol dalam Pelayanan Pimpinan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Journal of Strategic Communication. 12(2). 1-15.
Waridah. (2016). Berkomunikasi dengan Berbahasa yang Efektif Dapat Meningkatkan Kinerja. Jurnal simbolika. 2(2). 231-239.
Wijaya, B. S. (2015). Komunikasi Positif Berbasis Empati. Journal communication Spectrum. 5(2). 147- 166.
Wilantari, Ni Kadek T. W. Seriadi, Si L. N. (2021). Pola Komunikasi Organisasi Kemahasiswaan dalam Penerapan Ajaran Wacika Parisudha. Jurnal Penelitian Agama. 7(1). 62-75.
Wirasahidan, Johan. (2019). Brand Community: Pola Komunikasi dalam Menjaga Keutuhan Kelompok. Jurnal Pewarta Indonesia. 1(2). 82-90.
Daryanto. (2011). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta: Gara Media
Mulyana, Deddy. 2013. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Hak Cipta (c) 2025 Khaerun Nisa, Ni Made Novi Suryanti, Hairil Wadi, Suud
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The FKIP University of Mataram Journals is Open Access Journals provides quality journal publication services to documenting and preserving scientific article from the results of your research