PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK Bacillus spp. MELALUI PAKAN TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP DAN LAJU PERTUMBUHAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

Muhammad Masyarul Rusdani, Sadikin A. Saptono Waspodo,Zaenal Abidin

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kinerja bakteri probiotik Bacillus spp. dan prebiotik molase dengan dosis berbeda terhadap tingkat kelangsungan hidup dan kinerja pertumbuhan ikan nila (Oreochromis niloticus). Penelitian ini menggunakan motede eksperimen dengan rancangan acak lengkap (RAL) dan melibatkan 5 perlakuan, yaitu kontrol (K), Bacillus spp. 10 ml/kg pakan (A); Bacillus spp. 10 ml/Kg pakan + molase 10 v/v (B); Bacillus spp. 20 ml/Kg pakan (C); dan Bacillus spp. 20 ml/Kg pakan + molase 10 v/v(D). Hasil yang diperoleh menunjukkan variasi untuk total bakteri, yaitu dari 2,24x108 hingga 3,78x108 CFU/ml. Demikian juga dengan total Bacillus spp. dari 1,07x106 hingga 2,02x107 CFU/ml. Adapun untuk pengamatan tingkat kelangsungan hidup dan laju pertumbuhan tidak menunjukkan hasil yang signifikan. Meski demikian, perlakuan D memiliki hasil yang relatif lebih baik dengan nilai SR dan LPH berturut-turut 96,67% dan 1,01 %/hari.

 

Kata kunci : probiotik Bacillus spp., prebiotik molase,  total bakteri dan Bacillus spp., tingkat kelangsungan hidup, laju pertumbuhan harian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.