PELATIHAN PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA MATEMATIKA PADA GURU-GURU SDN 13 AMPENAN

Sri Subarinah, Sripatmi Sripatmi, Sudi Prayitno, Eka Kurniawan

Abstract

Banyak guru sekolah dasar kesulitan dalam mengajarkan matematika, khususnya untuk materi geometri. Pembelajaran geometri di SDN 13 Ampenan selama ini diajarkan secara verbal, jarang menggunakan alat peraga matematika (APM). Hal ini dikarenakan kurangnya ketersediaan APM dan APM yang tersedia tidak dilengkapi cara penggunaannya. Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini untuk melatih guru-guru SDN 13 Ampenan untuk membuat dan menggunakan APM di kelas, khususnya untuk materi geometri bidang datar. Metode yang digunakan dalam pengabdian adalah penyampaian materi secara ceramah dan demonstrasi, praktik pembuatan alat peraga oleh para guru, dan praktik simulasi penggunaan alat peraga oleh kelompok-kelompok guru. Produk yang dihasilkan selama pengabdian adalah alat peraga matematika untuk membelajarkan materi luas daerah persegipanjang, persegi, jajargenjang, trapesium, layang-layang, belah ketupat, dan segitiga. Setelah selesai kegiatan, para guru peserta pelatihan diminta mengisi angket. Berdasarkan hasil pengisian angket didapatkan fakta bahwa guru-guru jarang mendapatkan pelatihan sehingga pelatihan ini dinilai sangat bermanfaat untuk mengembangkan profesionalitas guru. Namun para guru menilai bahwa materi yang dilatihkan masih sedikit sehingga mereka berharap untuk diadakan lagi di waktu yang akan datang.

Full Text:

PDF

References

Kelly, C. A. 2006. Using Manipulative in Mathematical Problem Solving: A Performance Based Analysis. The Mathematics Enthusiast. 3(2), 184-193.

Pitadjeng. 2015. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Reys, R. E. 1998. Helping Children Learn Mathematics. New York: A Viacom Company.

Subarinah, S., & Prayitno, S. 2011. Penggunaan Kopermatik untuk mengimplementasikan dan mengembangkan pembelajaran (PAKEM). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 18(1), 98-106.

Subarinah, S. 2006. Inovasi Pembelajaran Matematiak Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat P2TK dan KPT Dikti.

Zilkova, K., Gucaga, J. & Kopacova, J. 2015. (Mis)Conceptions About Geometric Shapes in Pre-Service Primary Teach¬ers. Acta Didactica Napocensia. 8(1), 27-35.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.