SOSIALISASI PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK GURU IPA SMP/MTS DI LOMBOK BARAT DALAM UPAYA MENGURANGI LAJU PEMANASAN GLOBAL

Wildan Wildan, Aliefman Hakim, Dwi Laksmiwati, Supriadi Supriadi

Abstract

Pemanasan global terjadi karena berbagai  aktivitas manusia, seperti penggunaan listrik yang berlebihan, penebangan pepohonan, jumlah kendaraan bermotor yang semakin meningkat, asap pabrik-pabrik yang semakin banyak, pembabatan dan pembakaran hutan yang terus menerus. Pemanasan global harus diatasi dengan cara mengubah pola hidup yang lebih peduli terhadap lingkungan. Program ini bertujuan untuk mensosialisasikan perangkat pembelajaran berbasis lingkungan untuk guru SMP/MTs sebagai salah satu upaya mengurangi laju pemanasan global. Program ini dilakukan agar guru memiliki pengetahuan tentang peamanasan global dan mampu mengembangkan perangkat pembelajaran serta merapkan perangkat pembelajaran tersebut di kelas, sehingga siswa memiliki pengetahuan tentang pemanasan global dan memiliki kemauan untuk mengubah pola hidup untuk mengurangi  laju pemanasan global. Setelah program pengabdian dilaksanakan diharapkan agar guru menerapkan perangkat pembelajaran tersebut di kelas.

Full Text:

PDF

References

Ramlan, M. 2002. Pemanasan Global (Global Warming). Jurnal Teknologi Lingkungan. 3(1), 30-32.

Wuryandari, A. & Akmaliyah, M. 2016. Game Interaktif Mencegah Terjadinya Pemanasan Global untuk Anak. Jurnal SIMETRIS. 7(1), 311-320.

Wildan, Hakim, A. & Supriadi. 2018. Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Remaja di Pulau Lombok Terhadap Isu Pemanasan Global. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 3(1), 8-14.

Wildan, Hakim, H., & Supriadi. 2018. Sosialisasi dan Pendampingan Siswa Madrasah Aliyah Negeri I Mataram dalam Mengurangi Laju Pemanasan Global Tahun 2017. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. 1(1), 70-76.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.