SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN MASYARAKAT PESISIR TENTANG CARA MENJAGA KEBERSIHAN PANTAI DAN CARA PENGUKURAN JUMLAH SAMPAH

Muti'ah Muti'ah, Jeckson Siahaan, Supriadi Supriadi

Abstract

Sampah laut (marine debris) menjadi masalah besar di seluruh dunia. Terutama sampah jenis plastik karena dapat membahayakan perikanan, perkapalan, dan pariwisata.  Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan mendampingi masya-rakat pesisir Pantai Mapak tentang cara menjaga kebersihan pantai dan cara pengukuran jumlah sampah dalam upaya mengurangi jumlah sampah di laut. Untuk mencapai tujuan tersebut telah dilakukan kegiatan: sosialisasi, pendampingan/praktek pengambilan dan pengukuran jumlah sampah, dan evaluasi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah sebagai berikut: (1) Kegiatan sosialisasi berjalan dengan baik yang ditunjukan oleh perhatian masyarakat yang tinggi, (2) Kegiatan pemungutan, pengukuran jumlah dan berat sampah telah berjalan dengan baik dan diperolehnya sebanyak 162 jenis sampah dengan berat sebesar 6,786 kg/100m2 selama 1 bulan dengan 4 kali pengambilan, (3) Data kuantitatif jumlah dan berat sampah dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk lebih memahami bahaya sampah di perairan laut. Kesimpulan dari kegiatan ini bahwa kesadaran masyarakat terhadap sampah laut dapat dilakukan dengan memberikan kegiatan sosialisasi, pendampingan, dan evaluasi kasil kegiatan.

Full Text:

PDF

References

National Oceanic and Atmospheric Administration. 2013. Programmatic Environmental Assessement (PEA) for the NOAA Marine Debris Program (MDP). Maryland (US): NOAA.

Jambeck, J. 2015. Plastic Waste inputs from Land Into Ocean. Climate Change 2014: Impacts, Adaptation and Vulnerability, 347 (January), 1655-1732.

Lebreton, L. v.-W. 2017. River Plastic Emissions to the World’s Oceans. Nature Communications, 8,, 15611.

Marojahan, R. 2015. Hubungan Pengetahuan Masyarakat Tentang Sampah Dengan Perilaku Mengelola Sampah Rumah Tangga Di RT 02 Dan RT 03 Kampung Garapan Desa Tanjung Pasir Kecamatan Teluk Naga Kabupaten Tangerang. Forum Ilmiah. 12(1), 33-44.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.