ISOLASI ENZIM DARI BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN SIKAP SISWA TERHADAP KIMIA DI KOTA MATARAM

Yunita Arian Sani Anwar, Syarifa Wahidah Al Idrus, Sukib Sukib, Muti'ah Muti'ah, Eka Junaidi

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengenalkan demonstrasi enzim sebagai biokatalisator dengan menggunakan bahan alam. Pelaksanaan dilakukan di MAN 1 Mataram. Kegiatan ini diharapkan dapat menjalin kemitraan dengan sekolah sasaran dan menginisiasi kemitraan dengan sekolah lain untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kimia. Hal ini diharapkan dapat memudahkan sosialisasi program studi dalam meningkatkan minat siswa mengambil jurusan pendidikan kimia di FKIP Universitas Mataram. Kegiatan ini diawali dengan demonstrasi yang melibatkan siswa dalam mengenali reaksi kimia menggunakan bahan sederhana. Setelah itu, siswa dibimbing membuat enzim kasar dari nanas dan menguji kemampuan nanas sebagai katalisator. Setelah melakukan pembimbingan siswa diminta mengisi angket sikap terhadap kimia. Hasil kegiatan menunjukkan antusias siswa dalam melaksanakan semua tahapan kegiatan. Mereka berharap setiap pembelajaran kimia dapat menyertakan fenomena menarik. Tanggapan guru pelajaran kimia menunjukkan respon positif terhadap kegiatan ini. Harapannya lebih banyak kegiatan serupa yang dapat menstimulus siswa agar memiliki kecenderungan yang besar untuk belajar kimia.

Full Text:

PDF

References

Afshar, M., & Han, Z. 2014. Teaching and learning medical biochemistry: perspectives from a student and an educator. Medical Science Educator, 24(3), 339-341.

Broman, K., Ekborg, M., & Johnels, J. 2011. Chemistry in crisis? Perspectives on teaching and learning chemistry in Swedish upper secondary schools. Nordina, 7(1), 43-53.

Cheung, D. 2011 Evaluating student attitude toward chemistry lessons to enhance teaching in the secondary school. Educacion Quimica, 22(2), 1-8.

Fulton, T.B., Ronner, P., & Lindsley, J.E. 2012. Medical biochemistry in the era of competencies: is it time for Krebs cycle to go? Medical Science Educator, 22(1), 29-32.

Mbajiorgu, N., & Reid, N. 2006. Factors influencing curriculum development in chemistry. Hull: Royal Society of Chemistry.

Schonborn, K.J., & Anderson, T.R. 2009. A model of factors determining students’ ability to interpret external representations in biochemistry. International Journal of Science Education, 31(2), 193-232.

Sirhan, G. 2007. Learning difficults in chemistry: an overview. Journal of Turkish Science education, 4(2), 2-20.

Talanquer, V. 2011. Macro, submicro, and symbolic: the many faces of the chemistry “triplet”. International Journal of Science Education, 33(2), 179-195.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.