PENINGKATAN KETERAMPILAN KELOMPOK IBU-IBU PKK MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN SABUN PADAT DARI MINYAK NON PANGAN (NON EDIBLE OIL)

Sri Seno Handayani, Erin Ryantin Gunawan, Dedy Suhendra, Lely Kurniawati, Murniati Murniati

Abstract

Salah satu keterampilan yang berpotensi menggerakkan tenaga kerja ibu rumah tangga adalah pembuatan sabun padat. Sabun padat merupakan salah satu produk home industry yang dapat menjadi modal bagi ibu-ibu PKK untuk menumbuhkan kreatifitas mereka dan menumbuhkan jiwa wirausaha bagi mereka. Hal ini menjadi salah satu upaya yang telah dilaksanakan melalui Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang bertema peningkatan keterampilan kelompok ibu-ibu pkk jempong melalui pelatihan pembuatan sabun padat dari minyak non pangan (non edible oil). Kegiatan ini berjalan dengan lancar serta menyenangkan bagi para ibu-ibu. Semua peserta dengan bersemangat ikut terlibat aktif dalam setiap tahapan kegiatan. Produksi sabun padat sudah banyak dipasaran, namun masih menggunakan bahan minyak pangan dan bahan baku sintetik yang tidak aman dan berbahaya. Pada kegiatan pengabdian ini telah dilakukan pelatihan pembuatan sabun berbasis minyak non pangan yang aman dan ramah lingkungan. Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan sabun padat kepada ibu-ibu PKK. Kegiatan ini dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu: pendataan peserta, penyampaian materi dan pendampingan praktek pembuatan sabun oleh Tim Pengabdian.

Full Text:

PDF

References

Sari, T.I., Kasih, P.K. dan Sari, T.J.N. 2010. Pembuatan sabun padat dan sabun cair dari minyak jarak Jurnal Teknik Kimia. 17(1).

Sukawaty Y, Warnida H, dan Artha A.V. 2016. Formulation of bar soap with bawang tiwai (eleutherine bulbosa (mill.) Urb.) Bulbs ethanol extract. Media Farmasi. 13 (1), 14-22.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.