PELATIHAN PENYUSUNAN SOAL-SOAL BERBANTUAN PLATFORM WORDWALL BAGI GURU-GURU IPA DI MGMP KABUPATEN OGAN ILIR
Authors
Murniati Murniati , Hamdi Akhsan , Abidin Pasaribu , Sudirman Sudirman , Melly AriskaDOI:
10.29303/jppm.v7i4.8181Published:
2024-11-30Issue:
Vol. 7 No. 4 (2024): NovemberKeywords:
Pelatihan, Platform wordwall, MGMP, Kabupaten Ogan IlirArticles
Downloads
How to Cite
Metrics
Abstract
Telah dilakukan pelatihan penyusunan soal-soal berbantuan platform wordwall sebagai instrumen penilaian bagi guru- guru IPA di MGMP kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan. Pelatihan diikuti sebanyak 32 orang guru IPA yang bertujuan untuk membantu guru-guru menggunakan salah satu aplikasi sebagai alat bantu untuk penilaian berbasis komputer. Proses pembelajaran fisika di kelas dilakukan dengan kegiatan penyadaran atau penguasaan materi fisika pada peserta didik melalui interaksi pengajaran atau proses belajar mengajar. Sehubungan dengan perkembangan zaman dan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), maka dirasa penting untuk menggunakan instrumen penilaian dengan memanfaatkan teknologi yang telah ada pada saat ini. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berperan secara positif dalam meningkatkan mutu pendidikan yang berorientasi pada proses pembelajaran di lingkungan sekolah. Metode pelatihan menggunakan metode workshop dengan metode demonstrasi, latihan penggunaan aplikasi, presentasi, diskusi serta pembuatan instrumen soal objektif yang diinput kedalam aplikasi wordwall. Hasil dari pelatihan dilihat dari nilai N-gain yang diperoleh peserta dari skor pre-tes dan post-tes. Pelatihan dikatakan sudah berhasil karena nilai gain skor yang diperoleh 0,3 ≤ N-gain ≤ 0,7 mencapai 75 % dari keseluruhan peserta. Hasil observasi selama pelatihan menunjukan keatifan lebih dari 75 % peserta aktif mengikuti pelatihan sampai terakhir. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa kemampuan guru setelah melewati tahapan pelatihan, berdampak secara langsung bagi guru.
References
Ariska, M., Ismet, I., Andriani, N., & Saparini, S. (2024). Pelatihan Penyusunan Soal-Soal Literasi Sains Berbasis Hots Bagi Guru IPA SMP di Kabupaten Muaraenim. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 7(4), 235-241.
Ariska, M., Akhsan, H., Sudirman, S., Berimah, A. P., & Kurniawan, A. (2023). Efectivity of a Hybrid Classroom-Based Reflective Microlearning Model for Prospective Physics Teachers. Jurnal Pendidikan MIPA, 24(3), 710-716.
Alzhariadi, Ina, D., & Zuliana. (2019). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Daerah Terpencil. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pasca Sarjana. Palembang : Universitas PGRI.
Fitriani, F. (2021). Analisis Penilaian Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Implikasinya terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan SD/MI. Genderang Asa: Journal of Primary Education. 2(2): 18-30.
Gumantan, A., Imam, M., & Rizki, Y. (2020). Pengembangan Aplikasi Pengukuran Tes Kebugaran Jasmani Berbasis Android. Jurnal Ilmu Keolahragaan. 19(2): 196-205.
Gunawan, I., & Palupi, A.R. (2012). Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Premiere Education: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. 2(2): 98- 117.
Hamid, M.A. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis Tik Pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika. Volt: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro. 1(1): 37-46
Murniati. (2023)., Pelatihan Penggunaan Air Track Sebagai Media Pembelajaran bagi Guru-guru Fisika di MGMP Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan. Journal of Sriwijaya Community Services on Education (JSCSE) 2(1), 1-6.
Nasir, M., Tananda, O., Milana, & Muslim. (2023). Perbandingan Antara Sistem Computer Based Test dan Paper Baded Test pada Hasil Pembelajaran Mata
Pratiwiningtyas, B.N., Endang, S., & I, M. S. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif untuk Mengukur Literasi Membaca Bahasa Indonesia Berbasis Model Pirls pada Siswa Kelas IV SD. Journal of Educational Research and Evaluation. 6(1): 1-9.
Purnamasari, I., Widayatsih, T., & Fitriani, Y. (2022). Peran Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai. 6(2):12902–12914.
Rahmatullah, R., Yusna, L. M. A., & Hamdani, H. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN GAME PERSONAL COMPUTER (PC) SEDERHANA MENGGUNAKAN SCRATCH PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPIT BUKIT QUR’AN NUSANTARA MATARAM. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 7(3), 166-170.
Rosyidi, D. (2020). Teknik dan Instrumen Asesmen Ranah Kognitif. Tasyri’. 27(1): 1-13
Safithry, E. A. (2018). Asesmen Teknik Tes dan Non Tes. Malang: CV IRDH.
Sari, I. K. (2021). Blended Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran Inovatif di Masa Post-Pandemi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(4): 2156–2163.
Setiawan, H., Cholis, S., & Sa’dun, A. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Kompetensi Pada Ranah Keterampilan Untuk Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 2(7): 874-882.
Shiddiq, J. (2021). Inovasi pemanfaatan Wordswall sebagai media game-based learning untuk Bahasa arab. JALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education. 05(01): 151–168.
Silvia, K. S., & Wirabrata, I. D. G. F. (2021). Meningkatkan Kosakata Anak Usia Dini Melalui Media Wordwall. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. 9(2).
Tarliany, E., Sajidan, & Karyanto. (2019). Keefektifan Produk Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Untuk Mengukur Kemampuan Kognitif Siswa (Menurut Taksonomi Bloom Yang Terefisi) Pada Materi Protista. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA. 8(1) : 72-80.
Wahyudi. (2012). Asesmen Pembelajaran Berbasis Portfolio di Sekolah. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. 2(1): 288-296.
License
Copyright (c) 2024 Murniati Murniati, Hamdi Akhsan, Abidin Pasaribu, Sudirman Sudirman, Melly Ariska
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Pengembangan (JPPM) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JPPM).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).