PELATIHAN PENYUSUNAN UKBM DIGITAL BAGI GURU BAHASA MANDARIN TINGKAT MENENGAH ATAS SE-MALANG RAYA

Aiga Ventivani, Lukluk UI Muyassaroh, Octi Rjeki Mardasari

Abstract

Pendidikan abad 21 kini menuntut setiap guru mampu menyajikan pembelajaran menggunakan teknologi perangkat digital. Selain itu, pandemi covid 19 yang terjadi memberikan dampak di berbagai bidang tidak terkecuali pada bidang pendidikan dan teknologi. Salah satu dampak yang ditimbulkan akibat pandemi covid 19 pada bidang pendiikan di Indonesia yaitu pembelajaran dilaksanakan secara daring. Namun, pada pelaksanaanya banyak guru merasa kesulitan dalam membelajarkan bahasa Mandarin secara daring. Hal tersebut tampak pada penggunaan teknologi yang belum maksimal pada pembelajaran bahasa Mandarin saat ini. Guru merasa kurang memahami teknologi yang mudah diterapkan dalam pembelajaran daring. Tujuan diadakan pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan menggunakan teknologi dalam penyusunan bahan ajar khususnya UKBM guna mendukung proses pembelajaran. UKBM dirasa sesuai dengan kondisi saat ini karena guru dapat menyusun materi sesuai dengan kebutuhan masing-masing sekolah. Sedangkan untuk teknologi digital menggunakan aplikasi Sigil dan Canva. Terdapat tiga tahapan dalam pelatihan ini, yang pertama sosialisasi dan persiapan, pelaksanaan pelatihan dan evaluasi pelaksanaan. Peserta pelatihan ini berjumlah 14 peserta. Untuk memperoleh informasi lebih dalam, tim menyebar angket terbuka melalui google form. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pelatihan ini menujukkan bahwa guru-guru antusias dan merasa terbantu dengan adanya pelatihan ini. Aplikasi yang dipilih menjadi materi pelatihan merupakan aplikasi yang baru dikenal bagi peserta sehingga dapat menambah variasi referensi aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran. Tidak hanya itu, aplikasi Sigil dan Canva dianggap mudah dioperasikan serta menarik secara tampilan dan kegunaan. Guru-guru Bahasa Mandarin berharap kedepanya akan dilakukan lagi pelatihan semacam ini.

 

Kata Kunci: UKBM, Digital, Bahasa Mandarin, Pelatihan

Full Text:

PDF

References

Direktorat Pembinaan SMA. 2017. Naskah Panduan Pengembangan UKBM. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kemendikbud. 2013. Kurikulum 2013: Kompetensi dasar Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Permendikbud No. 20. 2016. Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Permendikbud No. 20. 2016. Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Permendikbud No. 21. 2016. Standar Isi. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Permendikbud No. 22. 2016. Standar Proses. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Permendikbud No. 23. 2016. Standar Penilaian. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Permendikbud No. 24. 2016. Kompetensi Dasar. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Permendikbud No. 158. 2014. Sistem Kredit Semester. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Subandi, S. (2014). Peningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Bahasa Jepang Melalui Pendekatan Lesson Study Dengan Menggunakan Materi Ajar Apresiatif. Paramasastra, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.26740/parama.v1n1. p%p

Wei Wei, Y. (2017). 英汉亲属称谓词对比研究以 及对外汉语教学-易威伟-中文学术期刊 【 掌 桥 科研】 . https://www.zhangqiaokeyan.com/aca demic-journal-cn_contemporaryeducational-practice-teachingresearchelectronics_thesis/0201228225267.ht ml

Refbacks

  • There are currently no refbacks.