PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH YANG DIINTEGRASIKAN PADA PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN BAGI GURU BAHASA INGGRIS MADRASAH TSANAWIYAH KARAWANG
Authors
Syaadiah Maula Arifin , Hamzah Puadi Ilyas , Nita Kania DewiDOI:
10.29303/jppm.v5i1.3267Published:
2022-02-01Issue:
Vol. 5 No. 1 (2022): FebruariArticles
Downloads
How to Cite
Metrics
Abstract
Kegiatan PKM ini diadakan untuk memberi bantuan kepada guru Bahasa Inggris Tsanawiyah dibawah naungan MGMP Karawang karena masih menghadapi kesulitan dalam memahami penyusunan artikel ilmiah. Banyak guru yang tidak tertarik mempublikasikan hasil penelitian merekan karena tidak memahami pedoman penyusunan artikel ilmiah. Hal ini merupakan salah satu sebab mengapa guru tidak termotivasi untuk menulis artikel ilmiah. Tujuan utama Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini adalah memberikan pelatihan cara menulis jurnal artikel, memotivasi guru untuk menulis, dan mendampingi guru menulis artikel ilmiah. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di Karawang dengan peserta 25 guru Bahasa Inggris Madrasah Tsanawiyah. Pelatihan diadakan secara Luring, jadi guru mendapat kesempatan untuk bertanya dan berlatih secara inter aktif. Metode pelatihan dan instrument yang digunakan dalam kegiatan ini adalah sebagai berikut: (1) Metode lecturing/ ceramah.ÃÂ Pada saat menggunakan metode ini Tim Pengmas Uhamka memberikan ceramah dengan menggunakan Ppt dan contoh Artikel jurnal Sinta 2-6 (2), metode diskusi dan tanya away. Instrument yang digunakan adalah wawancara secara mendalam kepada peserta. Peserta dapat mengajukan pertanyaan mengenai penulisan artikel ilmiah dan dijawab oleh Tim Pengmas. Peserta juga bertanya mengenai contoh artikel yang dibagikan kepada para peserta. (3) Metode simulasi. Peserta mulai berlatih dengan menggunakan artikel yang sudah dikirim. Instrument yang digunakan adalah interview secara mendalam.Pelatihan yang diadakan oleh Tim Pengmas ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi guru dalam menyusun artikel ilmiah yang ada hubungannya dalam pengajaran dan pembelajaran.
Kata kunci: Artikel ilmiah, Menulis, Pelatihan
References
Aisyah, E. N., & Mahanani, P. (2017). Pelatihan Menulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar Dan Taman Kanak-Kanak Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. ABDIMAS PEDAGOGI, 1, 22ââ¬â26.
Alif Yuda. (2021). Pengertian Karya Ilmiah, Jenis, Ciri, Struktur hingga Manfaatnya yang Perlu Dimengerti. https://www.bola.com/ragam/read/4582035/pengertian-karya-ilmiah-jenis-ciri-struktur-hingga-manfaatnya-yang-perlu-dimengerti
Annisa, M., Hamid, H., & -, K. (2017). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Di Wilayah Pedalaman. Jurnal Widya Laksana, 5(2), 81. https://doi.org/10.23887/jwl.v5i2.9054
Dea Mustika, & Siti Quratul Ain. (2021). Pelatihan penyusunan artikel ilmiah bagi guru sekolah dasar di Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 42ââ¬â47. https://doi.org/10.29303/rengganis.v1i1.16
Juwita, J., Lazuardi, D. R., & Selviani, D. (2021). Hambatan Guru Olahraga Menulis Karya Tulis Ilmiah Di Lingkungan JSIT Wilayah Bengkulu. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 273. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.273-282.2021
Nunan, D. (1999). Second Language Teaching & Learning. https://www.bookdepository.com/Second-Language-Teaching-Learning-David-Nunan/9780838408384
Nurgiansah, T. H. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa PPKn Universitas PGRI Yogyakarta. JNPM: Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16ââ¬â23. https://journal.jis-institute.org/index.php/jnpm/article/view/114/77
Pickett, S. T. A., & McDonnell, M. J. (2017). The art and science of writing a publishable article. Journal of Urban Ecology, 3(1), 1ââ¬â6. https://doi.org/10.1093/jue/jux018
Pujilestari, J., Alinurdin, & Rahmadi, Fi. I. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Bagi GuruDI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 11 KOTA TANGERANG Yulita. ABDI LAKSANA, 2, 208ââ¬â215. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JAL/article/view/10488/6496
Yanti, G., Zainuri, & Megasari, shanti wahyuni. (2019). Pelatihan Penulisan Artikel Menggunakan mendley. 4(3), 461ââ¬â469.
Zamel, V. (1992). One ââ¬â¢ s Way into Reading Writing. Tesol Quarterl, 26(3), 463ââ¬â485. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.2307/3587174
Author Biography
Syaadiah Maula Arifin, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
She received her doctorate in Applied Linguistics from the Atmajaya Catholic University of Indonesia in 2016. She had taught English at a secondary school, in-company training, some English courses, and private universities before graduating from Atmajaya University. She is currently an associate professor of the English Education Department at The University of Muhammadiyah Prof.Dr Hamka. She teaches Approaches and Methods in TESOL and Academic Speaking. Her current research interests include writing strategies, approaches, and methods in teaching English.
License
Copyright (c) 2022 Syaadiah Maula Arifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Pengembangan (JPPM) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JPPM).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).