PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI PELATIHAN ANALISIS INSTRUMENTAL TES BANTUAN SOFTWARE ANBUSO

Muhamad Farhan, M. Tohimin Apriyanto, Napis Napis, Arif Rahman Hakim

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pelatihan analisis instrumental tes kepada guru di Sekolah Dasar Islam Plus Al Marzukiyah Bekasi. Metode pelaksanaan kegiatan ada tiga tahapan, yaitu: (1) Observasi, (2) Diskusi, (3) Simulasi. Adapun untuk tahap simulasi terdiri dari rangkaian kegiatan: (1) Tahap Persiapan; (2) Tahap Demonstrasi; (3) Tahap Latihan Terbimbing, (4) Tahap Evaluasi. Kegiatan pelatihan analisis instrumental tes ini menggunakan bantuan software AnBuSo (Analisis Butir Soal). Subjek sasaran pelatihan adalah guru di Sekolah Dasar Islam Plus Al Marzukiyah Bekasi sebanyak 16 orang. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan respons positif guru dalam mengikuti kegiatan pelatihan dan meningkatnya kompetensi guru dalam menganalisis instrumen tes yaitu guru mampu mengidentifikasi butir soal berdasarkan validitas butir, reliabilitas, tingkat kesulitan, daya beda, dan fungsi distraktor.

Full Text:

PDF

References

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Banta, T. W., Palomba, C. A., & Kinzie, J. (2014). Assessment essentials: Planning, implementing, and improving assessment in higher education. San Fransisco: JosseyBass.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4(1), 14-25. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/ABD/article/view/2690/2651

Muhson, A. dkk. (2013). Pengembangan Software AnBuso Sebagai Solusi Alternatif Bagi Guru dalam Melakukan Analisis Butir Soal Secara Praktis dan Aplikatif. Laporan Penelitian tidak dipublikasikan. Yogyakarta: LPPM UNY.

Muhson, A. dkk. (2015). Kelayakan Anbuso Sebagai Software Analisis Butir Soal Bagi Guru. Jurnal Kependidikan, 45(2), 198-210. https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/7499/6495

Nitko, A., J., & Brookhart, S., M. (2011). Educational assessment of students. Boston, MA: Pearson.

Nur, A., S., & Palopo, M. (2018). Pelatihan Analisis Butir Soal Berbasis Komputerisasi Pada Guru SD. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(1), 5-11. https://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/matappa/article/view/79/45

Nurdiana, A., Alfiawati, R., & Tanod, M. J. (2019). Pelatihan Analisis Butir Soal Bagi Guru SMP Negeri 27 Bandar Lampung. Adiguna: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 36-42. http://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/adiguna/article/view/549/384

Rosyidah, M., dkk. (2019). Pelatihan Penggunaan Mmicrosoft Office Bagi Guru SMP Al-Hamidiyah Palembang. JAMALI - Jurnal Abdimas Madani dan Lestari, 01(02), 70-78. https://journal.uii.ac.id/JAMALI/article/view/13533/9650

Turmuzi, M. dkk. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Di Gugus Ii Kecamatanlembar Dalam Menerapkanauthentic Assesmentdalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan PengabdianMasyarakat, 3(1), 6-13. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/1613

Wijaya, T. & Nurhadi. (2020). Peningkatan Kemampuan Pengolahan Data Melalui Pelatihan Statistik dan Aplikasi Program SPSS bagi Guru-Guru SMA di DIY. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 31-33. http://ojs.unanda.ac.id/index.php/tomaega/article/view/293/243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.