PELATIHAN PEMBUATAN DESAIN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN DESIGN THINKING BAGI GURU MGMP IPS KABUPATEN OGAN ILIR
Authors
Sani Safitri , Siti Fatimah , Dwi Hasmidyanoi , Alfiandra AlfiandraDOI:
10.29303/jppm.v6i4.6107Published:
2023-11-30Issue:
Vol. 6 No. 4 (2023): NovemberKeywords:
Pelatihan, desain pembelajaran, pendekatan design thinkingArticles
Downloads
How to Cite
Metrics
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini berangkat dari analisis situasi yang mengidentifikasi masih banyak guru-guru yang belum memahami tentang bagaimana mendesain pembelajaran menggunakan pendekatan design thinking dalam rangka mewujudkan merdeka belajar kurikulum merdeka. Berangkat dari analisis situasi tersebut, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan guru dalam mendesain pembelajaran dengan pendekatan design thinking dalam merdeka belajar pada kurikulum merdeka. Metode dan bentuk kegiatan meliputi 3 langkah kegiatan yaitu pertama ; Pelatihan Peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru tentang pendekatan design thinking (kajian teori, langkah kerja design thinking : empathize, devine, ideate, prototipe, test, aspek dimensi, strategi, desain dan model evaluasi). kedua ; Simulasi pembuatan desain pembelajarn dengan pendekatan design thinking, ketiga ; Observasi dan evaluasi produk desain pembelajar dengan pendekatan design thinking. Yang menjadi sasaran kegiatan pembinaan dan pelatihan ini adalah guru-guru IPS Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berjumlah 20 orang yang tergabung dalam Musyawarah Guru MGMP Mata Pelajaran (MGMP) IPS Kabupaten Ogan Ilir. Hasil kegiatan pembinaan dan pelatihan menyimpulkan guru guru peserta pelatihan sudah mememilki pengetahuan yang baik tentang desain pembelajaran dengan pendekatan desain thinking. Perbandingan hasil pre test dan post test menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan nilai n gain sebesar 62,56% (kategori cukup efektif). Hasil observasi terhadap produk desain pembelajaran yang dibuat peserta pelatihan, sudah mampu mengintegrasikan langkah langkah design thinking yang meliputi emphatize, devine, ideate, prototipe, dan test.
References
Alfiandra et al. (2022). “Pendampingan Pembuatan Desain Pembelajaran Beroreintasi Technological Peadogogical and Conten Knowledge (Tpack) Bagi Guru Guru Mgmp Ppkn Smp Kabupaten Ogan Ilir.” Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat 5(3): 297–303.
Brown, T. (2008). Design Thinking, Harvard Business Review, 6, 84-92.
Citraningsih, Diningrum. (2021). “Tujuan Dan Manajemen Pendidikan Dalam Perspektif K.H. Ahmad Dahlan.” SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam 4(2): 171–85.
Cross, Nigel. (2007). “Designerly Ways of Knowing.” In Springer, London.
Dolak, F., Uebernickel, F., & Brenner, W. (2013). Design Thinking And Design Science Research (Pp. 1-11).
Dunne, D., & Martin, R. (2006). Design Thinking And How It Will Change Management Education: An Interview And Discussion. Academy Of Management Learning & Education, 5, 512-523.
Glen, R., Suciu, C., & Baughn, C. (2014). The Need For Design Thinking In Business Schools. Academy Of Management Learning & Education, 13, 653- 667.
Hake, R. (1999). (N.D.). Analizyng Change/Gain Score. (On Line) .
Ideo. (2008). Design Thinking. Harvard Business Review, 86(6), 252. Https://Doi.Org/10.5437/08956308x5503003
Kijima, R., Yang-Yoshihara, M., & Sadao Maekawa, M. S. (2021). Using Design Thinking To Cultivate The Next Generation Of Female Steam Thinkers. International Journal Of Stem Education, 8, Article No. 14.
Laurillard, D. (2012). Teaching As A Design Science: Building Pedagogical Patterns For Learning And Technology. Routledge.
Lindberg, T., Noweski, C., & Meinel, C. (2010). Evolving Discourses On Design Thinking: How Design Cognition Inspires Meta-Disciplinary Creative Collaboration. Technoetic Arts: A Journal Of Speculative Research, 8, 31-37.
Mechelen, M. Van, Laenen, A., Zaman, B., Willems, B., & Vanden, V. (2019). International Journal Of Human-Computer Studies Collaborative Design Thinking (Codet): A Co-Design Approach For High Child-To-Adult Ratios. Journal Of Human Computer Studies, 130, 179–195.
Pendleton-Jullian, A. M., & Brown, J. S. (2015). Design Unbound: Evolving Design Literacy Pathways Of Efficacy. Createspace: A Dba Of On-Demand Publishing, Llc.
Ray, B. (2020). Design Thinking: Lessons For The Classroom. Edutopia.
Root-Bernstein, R., & Root-Bernstein, M. (2017). People, Passion s, Problems: The Role Of Creative Exemplars In Teaching For Creativity. In R. Beghetto, & B. Sririman (Eds.), Creative Contradictions In Education (143-164). Springer.
Safitri, Sani et al. (2023). “Pendampingan Pembuatan Desain Pembelajaran Berorientasi Higher Order Thinking Skill(Hots) Bagi Guru-Guru Mgmp Ips Kabupaten Ogan Ilir.” Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 6(1): 1–23.
Author Biographies
Siti Fatimah, Universitas Sriwijaya
Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan PIPS FKIP UNSRI
Dwi Hasmidyanoi, Universitas Sriwijaya
Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan IPS FKIP UNSRI
Alfiandra Alfiandra, Universitas Sriwijaya
Program Studi PPKn Jurusan PIPS FKIP UNSRI
License
Copyright (c) 2023 Sani Safitri, Siti Fatimah, Dwi Hasmidyanoi, Alfiandra Alfiandra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Pengembangan (JPPM) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JPPM).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).