PEMBEKALAN KEMAMPUAN “DIGITAL CONTENT CREATOR” BERBASIS MULTIMEDIA PADA SMA PANGLIMA POLEM RANTAUPRAPAT

Chatrine Sylvia, Fandi Halim, Catherine Catherine

Abstract

Perkembangan era digital ini melalui adanya pembuatan konten digital ini sangat berperan penting untuk proses penyebaran informasi secara real-time. Pelatihan pengabdian terhadap pembuatan konten digital ini bertujuan untuk memperkenalkan dan pembekalan pengetahuan tentang profil SMA Panglima Polem RantauPrapat. Adapun metode pengabdian ini dilakukan yang dimulai dari persiapan dan penyusunan materi, proses pelaksanaan pelatihan sampai proses monitoring dan evaluasi hasil pelatihan. Selain itu, adapun metode pengukuran yang digunakan berupa pengolahan data kuesioner lewat pre-test dan post-test. Pembuatan konten digital ini dipraktikkan dengan pemanfaatan fitur-fitur dalam aplikasi Sparkol VideoScribe. Setelah kegiatan pengabdian, terdapat peserta pelatihan yang sangat mengerti pembuatan konten digital dalam bentuk video animasi. Dari hasil pengolahan data kuesioner, rata-rata peserta pelatihan belum pernah mengikuti kegiatan pelatihan sejenis tersebut dengan nilai berkisar range 1 sampai 2. Hasil pengolahan data kuesioner setelah kegiatan pelatihan didapatkan nilai range berkisar 3 sampai 5. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian ini berhasil diimplementasikan sehingga para peserta mudah memahami dan mendistribusikan konten digital yang lebih baik. Selain itu, program pengabdian ini direkomendasikan untuk pengembangan materi pelatihan lebih lanjut.

Full Text:

PDF

References

Adri, M. 2007. Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Pembelajaran. Retrieved Januari 30, 2020, from http://directory. umm. ac. id/tik/Pemanfaatan_Internet_sebagai_ Sumber_Pembelajaran. pdf

Gozali, F., & Lo, B. 2012. Pemanfaatan Teknologi Open Source dalam Pengembangan Proses Belajar Jarak Jauh di Perguruan Tinggi. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 1(1), 47 - 57.

Hartanto, A., & Nurharjanti, M. 2018. Implementasi Teknologi Pembelajaran dan Kelas Digital Untuk SMP Kota Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Seri 8, (pp. 58 - 65). Yogyakarta.

Husain, C. 2014. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 184 - 192.

Husna, J. 2019. Peran Pustakawan Sebagai Kreator Konten Digital. ANUVA: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 3(2), 173 - 184.

Maria, E., & Sediyono, E. 2017. Pengembangan Model Manajemen Pembelajaran Berbasis TIK di Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 59 - 71.

Murtiyasa, B. 2015. Tantangan Pembelajaran Matematika Era Global.

Suma, K. 2010. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Inkuiri dalam Peningkatan Penguasaan Konten dan Penalaran Ilmiah Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(6), 47 - 55.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.