PELATIHAN PEMBUATAN KONTEN DIGITAL INBOUND MARKETING BAGI SISWA/I SMA TRI RATNA SIBOLGA

Catherine Catherine, Fandi Halim, Chatrine Sylvia

Abstract

Pengetahuan inbound marketing ini penting dilakukan untuk mengembangkan potensi masyarakat saat ini, terutama bidang pendidikan di SMA Tri Ratna Sibolga. Dengan adanya SMA Tri Ratna memiliki kurikulum dan fasilitas untuk pembuatan konten digital dapat didistribusikan kepada masyarakat secara real-time. Strategi pembelajaran yang dilakukan untuk mendukung pelatihan pembuatan konten digital ini berupa identifikasi kebutuhan mitra, perencanaan persiapan pengabdian, pelaksanaan kegiatan pengabdian, dan pemantauan dan evaluasi hasil kegiatan. Untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian, tim melakukan pembekalan pengetahuan siswa siswi SMA Tri Ratna Sibolga yaitu pengenalan digital inbound marketing, rancangan penyusunan skenario kota sibolga dan perancangan setiap skenario dengan bantuan tools. Tools yang digunakan untuk mendukung perancangan skenario adalah Sparkol VideoScribe. Untuk pendistribusian data kuesioner, tim pengabdian menggunakan evaluasi pre-test dan post-test. Hasil evaluasi kuesioner membuktikan bahwa peserta sangat berminat menyusun setiap skenario video singkat berisi pengenalan kota Sibolga. Selain itu, hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan yang diterima setiap peserta pengabdian untuk berpikir logis dan pengembangan konten digital yang lebih baik.

Full Text:

PDF

References

Assiriyage, H., Zoeckler, I., Aghado, E., Bu, K., Jiang, X., Kamble, R., & Wang, Y. (2018). Inbound Marketing. School of Professional Studies, 29, 1 - 81.

Bueno, S., Rodriquez, J., & Gallego, M. (2018). Inbound Marketing to Improve Interest in Public Postgraduate Courses. Esic Market Economis and Business Journal, 49(3), 533 - 550.

Du Plessis, C. (2017). The Role of Content Marketing in Social Media Content Communities. South African Journal of Information Management, 19(1), 1 - 7.

Jarvinen, J., & Taiminen, H. (2015). Harnessing Marketing Automation for B2B Content Marketing. Industrial Marketing Management, 1, 1 - 12.

Mawarni, S., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan Digital Book Interaktif Mata Kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 84-96.

Nieminen, R. (2017). Key Elements of Outbound and Inbound Marketing. JAMK Univeristy of Applied Sciences.

Opreana, A., & Vinerean, S. (2015). A New Development in Online Marketing: Introducing Digital Inbound Marketing. Expert Journal of Marketing, 3(1), 29 - 34.

Patrutiu Baltes, L. (2015). Content Marketing - The Fundamental Tool of Digital Marketing. Bulletin of the Transilvania University of Brasov: Series V Economic Sciences, 8(57), 111 - 118.

Patrutiu Baltes, L. (2016). Inbound Marketing - The Most Important Digital Marketing Strategy. Bulletin of the Transilvania University of Brasov: Series V Economic Sciences, 9(58), 61 - 68.

Todor, R. (2016). Blending Traditional and Digital Marketing. Bulletin of the Transilvania University of Brasov: Series V Economic Sciences, 9(58), 51 - 56.

Wicaksono, H. (2019). Perancangan Konten Video Untuk Pembelajaran E-Learning, Studi Kasus Mata Kuliah Statistika 2. INFORMASI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi), 11(2), 1 - 12.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.