PENDAMPINGAN PENINGKATAN POTENSI PEMASARAN PERALATAN PEMADAM KEBAKARAN DAN PENGELOLAAN HUBUNGAN PELANGGAN MELALUI PENERAPAN INBOUND MARKETING PADA TOKO SINAR JAYA

Chatrine Sylvia, Angela Angela, Fandi Halim

Abstract

Inbound marketing sebagai strategi pemasaran yang memanfaatkan teknologi informasi memiliki peranan yang penting untuk mendapatkan target pelanggan. strategi ini lebih efisien jika dibandingkan dengan outbound marketing yang jika dikombinasikan bersama dapat menghasilkan dampak positif yang lebih besar. Toko Sinar jaya yang mulai menerapkan inbound marketing membutuhkan sebuah website dan pendampingan lebih lanjut terkait inbound marketing. Kegiatan pengabdian ini ditujukan untuk mengembangkan sebuah website, melakukan pelatihan terhadap pihak toko sinar jaya untuk dapat memaksimalkan penggunaan akun sosial media toko secara lebih maksimal dengan terintegrasi kepada website yang telah dikembangkan agar dampak penerapan inbound marketing dapat dirasakan lebih besar. Kegiatan pengembangan website memanfaatkan platform wordpress dengan plugin open source woocommerce dan template slider Demo Slide SJ. Pihak toko juga difasilitasi dengan kegiatan pengiklanan instagram melalui pilihan boost an instagram post agar feed/postingan yang dilakukan mendapatkan jangkauan yang lebih luas. Kegiatan pengabdian ini juga disertai dengan kegiatan pendampingan dan pelatihan yang dilengkapi dengan materi inbound marketing dan panduan penggunaan website serta pengelolaan toko online. Kegiatan pengabdian berhasil dilaksanakan dengan baik dan direkomendasikan untuk melakukan penambahan fitur terhadap website yang telah dikembangkan serta melakukan pengukuran tingkat keefektifan penerapan inbound marketing setelah beberapa kurang waktu implementasi yang ditentukan.

Full Text:

PDF

References

Bezovski, Z. (2015). Inbound marketing-A new concept in digital business.

Buinac, E., & Lundberg, J. (2015). Instagram as a Marketing Tool: A Case Study about how Companies Communicate their Brands on Social Media.

Dakouan, C., Benabdelouahed, R., & Anabir, H. (2019). Inbound marketing vs. outbound marketing: independent or complementary strategies. Expert Journal of Marketing, 7(1).

Patrutiu-Baltes, L. (2016). Inbound Marketing-the most important digital marketing strategy. Bulletin of the Transilvania University of Brasov. Economic Sciences. Series V, 9(2), 61.

Rancati, E., Codignola, F., & Capatina, A. (2015). Inbound and outbound marketing techniques: A comparison between Italian and Romanian pure players and click and mortar companies. Risk in Contemporary Economy, 2(1), 232-238

Todor, R. D. (2016). Blending traditional and digital marketing. Bulletin of the Transilvania University of Brasov. Economic Sciences. Series V, 9(1), 51.

Volpe, M. (2015). Inbound marketing versus outbound marketing: a pointless debate. [online] available at: https://www.i-scoop.eu/inbound-marketing-versus-outbound-marketing-pointless-debate/. [accessed 17 february 2021]

Refbacks

  • There are currently no refbacks.