SOSIALISASI KETERAMPILAN SISWA SMP DALAM MEMPRODUKSI TEKS BERGENRE CERITA KEPADA GURU BAHASA INDONESIA Se-KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Johan Mahyudi, Mahsun Mahsun, Rusdiawan Rusdiawan

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini ialah untuk menyosialisasikan sejumlah temuan pada penelitian tahun 2018 yang terkait dengan praktik mengajar guru bahasa Indonesia pada materi yang terkait dengan teks cerita. Beberapa  di antara temuan yang dianggap penting untuk disosialisasikan yaitu tidak semua bentuk hasil mengarang siswa dapat diklasifikasikan ke dalam kelompok teks narasi. Sosialisasi atas hasil penelitian ini dianggap penting untuk menyadarkan guru-guru di Kabupaten Lombok Tengah agar lebih cermat dalam menilai produksi teks siswa yang dikumpulkan sebagai teks narasi. Dalam kegiatan sosialisasi, guru diberi angket untuk menjajaki pengalaman mereka mengajar teks narasi, kemudian diberi paparan mengenai pengalaman pembelajaran teks di Kota Mataram, lalu guru diberi penjelasan mengenai model pembelajaran teks narasi yang lebih berhasil dengan menggunakan LKPD.

Full Text:

PDF

References

Christie, F. 1999. “Genre Theory and ESL Teaching: Systemic Functional Perspektive”. TESOL Quarterly, 33 (4):759-763.

Halliday, M.A.K. dan Ruqaiya Hasan. 1992. Bahasa, Konteks, dan Teks. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.

Knapp, Peter dan Megan Watkins. 2005. Genre, Text, Grammar: Technologies for Theaching and Assesing Writing. Sidney, Australia: University of New South Wales Press Ltd.

Mahsun. 2017. Metode Penelitian Bahasa Tahapan Strategis, Methode, dan Tekniknya Edisi Revisi Ketiga. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Martin, JR. 1992. English Text: System and Structure. Philadelphia: Benjamin.

Mulholland, Judith. 2007. Understanding the Self as Instrument. Contemporary Qualitative Research. Peter c. Taylor ed. Dordrecht, The Netherlands: Springer.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.