PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS BAHASA NASIONAL DAN INTERNASIONAL BAKU BAGI GURU PAUD DAN SD DI KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG

Indri Anugraheni, Mozes Kurniawan, Elvira Hoesein Radia, Eunice Widyanti Setyaningtyas

Abstract

Bahasa Indonesia yang berfungsi sebagai media komunikasi, media penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta sebagai bahasa kebanggaan bangsa Indonesia wajib dikuasai oleh segenap warga Indonesia, terutama oleh para pendidik. Sementara itu bahasa internasional perlu juga dipelajari agar generasi sekarang dan mendatang tidak ketinggalan informasi, dapat memahami dan memanfaatkan berbagai informasi untuk perkembangan hidup mereka. Oleh karena itu, keberlanjutan dari pendidikan dan pelatihan keterampilan berbahasa nasional (Indonesia) dan internasional (Inggris) yang dilaksanakan pada periode lalu, perlu dilanjutkan untuk memperkuat keterampilan berbahasa para guru PAUD dan SD dalam melaksanakan tugas dan panggilan sebagai pendidik. Peningkatan kapasitas dan profesionalitas melalui program pengabdian masyarakat lanjutan yang dilakukan adalah melalui kegiatan pembekalan yang bertujuan supaya para guru dapat mengembangkan kemampuannya untuk menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar pada penulisan dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penggunaan bahasa dalam RPP ini adalah media untuk secara lebih sadar membentuk kebiasaan para guru untuk menjadi model penutur bahasa yang baik, mengembangkan kegiatan berbahasa yang lebih efektif, juga mulai membiasakan siswa untuk mengenal bahasa internasional. Sehingga, penulisan perodesur pembelajaran dalam RPP pun disesuaikan agar mewadahi aktivitas berbahasa Indonesia maupun Inggris.

Full Text:

PDF

References

Aisyah Siti, dkk. (2008). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka

Aljoundi, E.K. (2013). The Strength and Weakness of Code Switching and Bilingualism in The Language Classroom. Research Gate Working Paper.

Asyani, A. (2013). Hubungan antara Kesadaran Linguistik dengan Kemampuan Membaca Dini Anak Usia Dini. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Cameron, L. (2001). Teaching Languages to Young Learners. UK: Cambridge University Press.

Hasan, M. (2010). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.

Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Natalia, E. & Lubis, F. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Sintaksis pada Penulisan Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jurnal Basastra, 6(2).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.