IMPLEMENTASI BIOFERMENTASI “EFFECTIVE MICROORGANISM” DALAM PENGOLAHAN SAMPAH PERTANIAN DAN PETERNAKAN UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN TANAMAN

Lalu Japa, Ahmad Raksun, Karnan Karnan, Didik Santoso

Abstract

Sebagian besar masyarakat RT 05 Kuburjaran, Dusun Bunsambang Desa Sukarara berkativitas sebagai petani sekaligus sebagai peternak (terutama adalah peternak sapi).  Sistem pemeliharaan ternak sapi adalah dikandangkan di lokasi rumah masing-masing. Oleh karena itu, produksi limbah kotoran sapi menumpuk di setiap lahan perumahan masing-masing warga, sehingga lingkungan sekitar rumah terkena imbas limpahan kotoran sapi. Selama ini belum pernah ada upaya penanganannya kecuali dibuang di sekitar pekarangan rumah kemudian dibakar dimusim kemarau, hanya sebagian kecil masyarakat yang memanfaatkannya untuk pupuk. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, tim pengabdian memberikan pengetahuan dan pelatihan singkat tentang pengolahan limbah kotoran sapi menjadi bokashi. Bokashi adalah bahan organik yang telah difermentasikan oleh aktivator bakteri pengurai yang terkemas dalam EM4. Produk bokashi yang dihasilkan dapat secara langsung dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman pertanian. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan masyarakat RT 05 Kuburjaran Dusun Bunsambang Sukarara Jonggat Lombok Tengah dengan bekal pengetahuan dan keterampilan dalam pengolahan limbah kotoran sapi menjadi bokashi, tidak hanya dapat memelihara kebersihan dan kesehatan lingkungan di sekitar tempat tinggal mereka tetapi juga dapat secara terus menerus memproduksi dan menggunakan bokashi sebagai pupuk sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan produksi pertaniannya mereka.

Full Text:

PDF

References

Djunaedy, A. 2009. Pengaruh Jenis dan Dosis Pupuk Bokashi Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Kacang Panjang. Agrovigor. II (1): 42–46.

Hamzah, F., Dahlan dan Kaharuddin. 2007. Pengaruh Penggunaan Dosis Pupuk Bokashi Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Jagung. Agrisistem 3(1): 1–8.

Hidayat, F., U. Sugiarti, dan K.A. Chandra. 2010. Pengaruh Bokashi Limbah Padat Agar-Agar dan Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum L). Agrika. IV (1): 21–29.

Natsir. 2007. Teknik Pembuatan Bokashi. http:www.dsperternakpandegelang.go.id Diakses tanggal 9 April 2010.

Rahukail, N.L. 2011. Pengaruh Penggunaan EM4 yang Dikulturkan Pada Bokashi dan Pupuk Anorganik Terhadap Produksi Tanaman Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.) Dikampung Wangar Kabupaten Nabere. Jurnal Agroforestri. VI (2): 114-120.

Raksun, A. 2009a. Pengaruh Pemberian Bokashi Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Jagung. Jurnal Pijar MIPA. IV(2): 50–55.

Raksun, A. 2009b. Pemanfaatan Bokashi Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Cabai Merah. Biologi Tropis. 10(1)1: 45–49.

Raksun, A. dan D. Santoso. 2010. Pemanfaatan Bokashi Untuk Meningkatkan Pertumbuhan dan Produksi Tomat. Biologi Tropis. 11(1): 44–50.

Siska, SM., M. Usman, dan W. Imam. 2015. Pengaruh Pemberian Berbagai Jenis Bokashi Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jagung Manis (Zea mays Saccarata). Agrotekbis. 3(5):592–601.

Teruo, H. dan Wididana. 1999. EM Technology. Indonesian Kyusei Nature Farming Societies & PT. Songgolangit Persada. Jakarta.

Tola, F., Hamzah, Dahlan dan Kaharudin (2007). Pengaruh Penggunaa Dosis Bokashi Kotoran Sapi Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Jagung. Agrisistem. 3(1): 1–8.

Tufalia, M., Yusrina dan A.Syamsul. 2014. Pengaruh Pupuk Bokashi Kotoran Sapi Terhadap Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Padi Sawah Pada Ultisol Puosu Jaya Kecamatan Konda Konawu Selatan. Agoteknos. 4(1): 18–25.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.