PENGGUNAAN TEKNOLOGI PLASMA UNTUK MEREHABILITASI HABITAT BURUNG SECARA PARTISIPATIF DI GILI MENO LOMBOK

Gito Hadiprayitno, Muhammad Liwa Ilhamdi, Wahyudi Wahyudi

Abstract


Hasil-hasil penelitian burung yang ada di Gili Meno khususnya yang ditemukan di Danau Meno mengindikasikan telah terjadi penurunan jumlah jenis dan kelimpahan individu tiap jenisnya. Salah satu penyebabnya ialah terjadinya kerusakan habitat burung. Karena itu diperlukan kegiatan pengabdian yang terkait dengan rehabilitasi habitat burung dengan melibatkan masyarakat. Salah satu teknologi yang digunakan dalam melakukan kegiatan rehabilitasi habitat dalam kegiatan pengabdian ini ialah penggunaan teknologi plasma. Penggunaan teknologi tersebut dalam kegiatan pengabdian ini ditujukan untuk (1) mengimplementasikan penggunaan teknologi plasma dalam melakukan rehabilitasi habitat, (2) meningkatkan pengetahuan dan partisipasi masyarakat dalam melakukan rehabilitasi habitat, dan (3) menekan tingkat kerusakan habitat dan mengembalikan fungsi ekologi dan fungsi ekonomi Danau Meno untuk mengembangkan kegiatan wisata alam (ekoturisme). Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam bentuk penyampaian teori dan praktek, sedangkan pengumpulan informasi dan rencana pengelolaan habitat yang ada di Danau Meno akan dilakukan melalui FGD. Secara khusus hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini menghasilkan suatu metode pembenihan mangrove yang tidak biasa digunakan oleh masyarakat yang ada di Gili Meno yaitu dengan menggunakan teknologi plasma. Penggunaan teknologi plasma ini dapat mempercepat pertumbuhan benih mangrove Avicenia marina dengan efisiensi waktu pembenihan berkurang 2 bulan jika dibandingkan dengan menggunakan pola pembenihan secara konvensional. Tingkat keberhasilan pembenihan yang relatif lebih baik ini menginspirasi masyarakat yang ada di Gili Meno untuk melakukan kegiatan pengelolaan dalam jangka panjang. Hasil FGD merekomendasikan perlunya pendampingan lembaga lokal dan pengembangan sarana dan prasarana pengembangan ekowisata yang dapat dikelola oleh masyarakat sekitar.

Full Text:

PDF

References


Artayasa, I.P., Japa, L., Ilhamdi, M.L, Hadiprayitno, G., & Kusmiyati, 2013. Kondisi Eksisting Biodiversitas di Danau Meno. Laporan Penelitian (Tidak dipublikasikan). Universitas Mataram. Mataram.

Hadiprayitno, G. 2012. Kajian Pengelolaan Jenis Burung Air dan Habitatnya secara Partisipatif Bersama Masyarakat di Danau Meno Lombok Utara. Disertasi (tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Malang. Malang.

Hadiprayitno, G. 2013. Komposisi dan Struktur Vegetasi Habitat Burung Air di Danau Meno Lombok. Prosiding Seminar Nasional Biologi – IPA (ISBN: 978‐979‐028‐573‐6). Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Husni, S. 2001. Kajian Ekonomi Pengelolaan Ekosistem Terumbu Karang (Studi Kasus di Kawasan Taman Wisata Alam Laut Gili Indah Kabupaten Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat). Thesis. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Ismarini, B. 2011. Komunitas Fauna Tanah di sekitar Danau Meno. Skripsi (tidak dipublikasikan). Universitas Mataram. Mataram.

Japa, L., Ilhamdi, M.L, Hadiprayitno, G., Artayasa, I.P., & Idrus, A., 2013. Sosialisasi Potensi Flora dan Fauna di Gili Meno untuk Menunjang Pariwisata di Kabupaten Lombok Utara. Laporan Pengabdian (Tidak dipublikasikan). Universitas Mataram. Mataram.

Kaunang, T.D dan Kimbal, J. 2009. Komposisi dan Struktur Vegetasi Hutan Mangrove di Taman Nasional Bunaken Sulawesi Utara. Jurnal Agritek. 17(6), 139-148.

Lestariani, N. 2010. Struktur Komunitas Fitoplankton di Perairan Danau Asin Gili Meno, Kabupaten Lombok Utara sebagai Media Pembelajaran. Skripsi (tidak dipublikasikan). Universitas Mataram. Mataram.

Nur, M., Nasruddin, Wasiq, J., & Sumariyah. 2013. Penerapan Teknologi Plasma untuk Mempercepat Persemaian Mangrove sebagai Upaya Rehabilitasi Green Belt untuk Mengatasi Abrasi. Riptek. 7(1), 15-26.

Siswandono. 1993. Laporan Penelitian Evaluasi Potensi Sumber Daya Pesisir Lombok. Pusat Penelitian dan Pengembangan Oseanologi LIPI. Jakarta.

UNEP. 1980. Report of The Governing Council on The Work of Its Eight Session. New York.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.