PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SUBULUSSALAM
DOI:
10.29303/jmp.v5i2.10436Published:
2025-10-16Issue:
Vol. 5 No. 2 (2025): AgustusArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning yang tepat untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Subulussalam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model penelitian Kemmis dan MC taggart. Subjek pada penelitian adalah kelompok B yang berjumlah 14 orang anak dengan jumlah 5 perempuan dan 9 laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi. Analisis data dilakukan melalui deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada siklus I mendapatkan persentase 54,5% dan perkembangan kognitif anak setelah diterapkan model pembelajaran Project Based Learning mencapai 43% dengan kategori Mulai Berkembang (MB) sedangkan pada siklus II menunjukkan bahwa keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Project Based Learning mendapatkan persentase 82% dan perkembangan kognitif anak setelah diterapkan model pembelajaran Project Based Learning mencapai 85,7% dengan kategori berkembang sangat baik (BSB) dan telah mencapai indikator keberhasilan sehingga pelaksanaan penelitian ini dihentikan. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak kelompok B di TK Subulussalam.
Author Biographies
Lubnatul Hilmi, Universitas Mataram
I Nyoman Suarta, Universitas Mataram
Fahruddin, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2025 Lubnatul Hilmi, I Nyoman Suarta, Fahruddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).