MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN SENAM MENIRU GERAKAN BINATANG DI KELOMPOK B PAUD NUSANTARA DESA KARANG BAYAN KECAMATAN LINGSAR

Authors

Baiq Mentari Yuniarti , Baik Nilawati Astini , Nurhasanah , Fahruddin

DOI:

10.29303/jmp.v3i1.3553

Published:

2023-02-07

Issue:

Vol. 3 No. 1 (2023): Februari

Articles

Downloads

How to Cite

Yuniarti, B. M. ., Astini, B. N., Nurhasanah, & Fahruddin. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN SENAM MENIRU GERAKAN BINATANG DI KELOMPOK B PAUD NUSANTARA DESA KARANG BAYAN KECAMATAN LINGSAR. Jurnal Mutiara Pendidikan, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.29303/jmp.v3i1.3553

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan motorik kasar  anak melalui kegiatan senam meniru gerakan binatang di kelompok B PAUD Nusantara desa karang bayan kecamatan lingsar.Penelitian ini merujuk pada model kemmis dan Mc Taggart yang berbentuk siklus I, siklus  II dan siklus  III.Subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang anak.Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi.Penelitian ini menggunakan beberapa langkah-langkah yaitu (1) persiapan(2) pemanasan dan (3) gerakan inti dan dilanjutkan dengan pendinginan sekaligus penutup.Hasil presentasi dari penelitian ini mengalami peningkatan. Pada siklus I dengan presentase 53,02%, siklus II dengan presentase 62,72% dan siklus III dengan presentase 85,14%. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa upaya meningkatkan  kemampuan motorik kasar melalui kegiatan senam meniru gerakan binatang di kelompok B PAUD Nusantara desa karang bayan kecamatan lingsar dikategorikan  berhasil meingkat atau berhasil.

Kata Kunci : Senam meniru gerakan binatang,Motorik Kasar

Author Biographies

Baiq Mentari Yuniarti, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Baik Nilawati Astini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Nurhasanah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Fahruddin, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Baiq Mentari Yuniarti, Baik Nilawati Astini, Nurhasanah, Fahruddin

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>