MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN SENAM MENIRU GERAKAN BINATANG DI KELOMPOK B PAUD NUSANTARA DESA KARANG BAYAN KECAMATAN LINGSAR
DOI:
10.29303/jmp.v3i1.3553Diterbitkan:
2023-02-07Terbitan:
Vol 3 No 1 (2023): FebruariArticles
Unduhan
Cara Mengutip
Unduhan
Metrik
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan motorik kasar anak melalui kegiatan senam meniru gerakan binatang di kelompok B PAUD Nusantara desa karang bayan kecamatan lingsar.Penelitian ini merujuk pada model kemmis dan Mc Taggart yang berbentuk siklus I, siklus II dan siklus III.Subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang anak.Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi.Penelitian ini menggunakan beberapa langkah-langkah yaitu (1) persiapan(2) pemanasan dan (3) gerakan inti dan dilanjutkan dengan pendinginan sekaligus penutup.Hasil presentasi dari penelitian ini mengalami peningkatan. Pada siklus I dengan presentase 53,02%, siklus II dengan presentase 62,72% dan siklus III dengan presentase 85,14%. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan senam meniru gerakan binatang di kelompok B PAUD Nusantara desa karang bayan kecamatan lingsar dikategorikan berhasil meingkat atau berhasil.
Kata Kunci : Senam meniru gerakan binatang,Motorik Kasar
Biografi Penulis
Baiq Mentari Yuniarti, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
Baik Nilawati Astini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
Nurhasanah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
Fahruddin, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Baiq Mentari Yuniarti, Baik Nilawati Astini, Nurhasanah, Fahruddin
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).