PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SANDPAPER LETTER TERHADAP KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK KELOMPOK A DI PAUD AL-BANNA TAHUN 2022

Authors

Baiq Amandha Lucyana Irpan , Baik Nilawati Astini , Ika Rachmayani

DOI:

10.29303/jmp.v3i3.3613

Published:

2023-08-15

Issue:

Vol. 3 No. 3 (2023): Agustus

Articles

Downloads

How to Cite

Irpan, B. A. L., Astini, B. N., & Rachmayani, I. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SANDPAPER LETTER TERHADAP KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK KELOMPOK A DI PAUD AL-BANNA TAHUN 2022. Jurnal Mutiara Pendidikan, 3(3), 77–81. https://doi.org/10.29303/jmp.v3i3.3613

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Kemampuan keaksaraan bagi anak kelompok A sangat penting untuk proses membaca dan menulis. Untuk membantu mengoptimalkan kemampuan keaksaraan anak diperlukan media pembelajaran yang sesui dengan karakteristik perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran sandpaper letter tehadap kemampuan keaksaraan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan ekperimen one goup pre-test post-test design yaitu dilakukan pengukuran sebelum tindakan dan sesudah tindakan terhadap 6 anak di kelompok A. pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan  hasil analisis data yang  diperoleh dari kelompok A PAUD Al-Banna setelah melakukan enam kali perlakuan  hasil penelitian kemampuan keaksaran anak menggunakan media pembelajaran sandpaper letter  memiliki nilai pre-test dengan nilai rata-rata yaitu 20,5 dan mengalami peningkatan nilai pada post-test  dengan nilai rata-rata yaitu 37,66.  Nilai rata-rata total kemampuan keaksaraan anak yaitu, 205.Teknik analisis data menggunakan uji t antara pre-test  dan  post-test dengan taraf kesalahan 5%.  Hasil uji t memperoleh nilai  = 2,694, dengan   sebesar  2,694 > 2,571 signifikan, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, maka  dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran sandpaper letter  terhadap kemampuan keaksaraan anak kelompok A di PAUD Al-Banna tahun 2022. Media pembelajaran sandpaper letter perlu diterapakan oleh pendidik untuk membantu mengoptimalkan perkembangan kemampuan keaksaraan anak. Selain dapat membantu mengoptimalkan kemampuan keaksaraan anak   media pembelajaran sandpaper letter dapat menstimulasi  perkembangan aspek lainnya.

Kata Kunci: Kemampuan Keaksaraan, Sandpaper Letter

Author Biographies

Baiq Amandha Lucyana Irpan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Baik Nilawati Astini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Baiq Amandha Lucyana Irpan, Baik Nilawati Astini, Ika Rachmayani, Fahruddin

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>