PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SANDPAPER LETTER TERHADAP KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK KELOMPOK A DI PAUD AL-BANNA TAHUN 2022
DOI:
10.29303/jmp.v3i3.3613Diterbitkan:
2023-08-15Terbitan:
Vol 3 No 3 (2023): AgustusArticles
Unduhan
Cara Mengutip
Unduhan
Metrik
Abstrak
Kemampuan keaksaraan bagi anak kelompok A sangat penting untuk proses membaca dan menulis. Untuk membantu mengoptimalkan kemampuan keaksaraan anak diperlukan media pembelajaran yang sesui dengan karakteristik perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran sandpaper letter tehadap kemampuan keaksaraan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan ekperimen one goup pre-test post-test design yaitu dilakukan pengukuran sebelum tindakan dan sesudah tindakan terhadap 6 anak di kelompok A. pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari kelompok A PAUD Al-Banna setelah melakukan enam kali perlakuan hasil penelitian kemampuan keaksaran anak menggunakan media pembelajaran sandpaper letter memiliki nilai pre-test dengan nilai rata-rata yaitu 20,5 dan mengalami peningkatan nilai pada post-test dengan nilai rata-rata yaitu 37,66. Nilai rata-rata total kemampuan keaksaraan anak yaitu, 205.Teknik analisis data menggunakan uji t antara pre-test dan post-test dengan taraf kesalahan 5%. Hasil uji t memperoleh nilai = 2,694, dengan sebesar 2,694 > 2,571 signifikan, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran sandpaper letter terhadap kemampuan keaksaraan anak kelompok A di PAUD Al-Banna tahun 2022. Media pembelajaran sandpaper letter perlu diterapakan oleh pendidik untuk membantu mengoptimalkan perkembangan kemampuan keaksaraan anak. Selain dapat membantu mengoptimalkan kemampuan keaksaraan anak media pembelajaran sandpaper letter dapat menstimulasi perkembangan aspek lainnya.
Kata Kunci: Kemampuan Keaksaraan, Sandpaper Letter
Biografi Penulis
Baiq Amandha Lucyana Irpan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
Baik Nilawati Astini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Baiq Amandha Lucyana Irpan, Baik Nilawati Astini, Ika Rachmayani, Fahruddin
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).