Penerapan Permainan Matematika Montessori untuk Stimulasi Kemampuan Mengenal konsep Bilangan Anak Usia Dini Kelompok A di TK IT Al-Fajar Academy Mataram Tahun Ajaran 2023/2024
DOI:
10.29303/jmp.v5i1.8662Published:
2025-02-28Issue:
Vol. 5 No. 1 (2025): FebruariArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini melatarbelakangi bagaiamana gambaran terhadap penerapan permainan matematika montessori untuk menstimulasi kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia dini kelompok A DI TK IT Al-Fajar Academy Mataram Tahun Ajaran 2023 / 2024, sehingga perlu adanya inovasi terhadap proses pembelajaran yang dipilih adalah media pembelajaran dengan menggunakan permainan montessori. Rumusan masalah yang diangkat tentunya adalah bagaimana cara menerapkan permainan matematika montessori ini untuk dapat menstimulasi kemampuan anak dalam mengenal suatu konsep bilangan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan permainan matematika montessori dapat menstimulasi kemampuan pengenalan konsep bilangan untuk diterapakan kepada siswa. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif terhadap stimulasi kemampuan pengenalan konsep bilangan anak usia dini dengan memberikan skor, kemudian data-data yang berbentuk angka setelah dianalisis dideskripsikan dalam bentuk pembahasan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui permainan matematika montessori dapat menstimulasi kemampuan pengenalan konsep bilangan anak usia dini di TK IT Al-Fajar Academy Mataram. Hal tersebut diindikasikan dari stimulasi kemampuan pengenalan konsep bilangan dan ketercapaian indikator kinerja penelitian. Pada siklus I presentase anak mencapai 72% kemudian meningkat menjadi 82% pada siklus II. Dengan Hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan matematika montessori dapat menstimulasi pengenalan konsep bilangan anak usia dini di TK IT Al-Fajar Academy Mataram.
License
Copyright (c) 2025 Izzatun Darina, I Nyoman Suarta, Baik Nilawati Astini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).