PENERAPAN METODE MIMICRY MEMORIZATION (MIM-MEM METHOD) UNTUK MENGENALKAN ASMAUL HUSNA PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B RA NURUL AMAL DESA CINUNUK CILEUNYI BANDUNG

Authors

Shera Caesar Tazmahal , Yuyun Yulianingsih , Syamiyah

DOI:

10.29303/jmp.v4i3.7909

Published:

2024-10-29

Issue:

Vol. 4 No. 3 (2024): Oktober

Articles

Downloads

How to Cite

Tazmahal, S. C., Yulianingsih, Y., & Syamiyah. (2024). PENERAPAN METODE MIMICRY MEMORIZATION (MIM-MEM METHOD) UNTUK MENGENALKAN ASMAUL HUSNA PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B RA NURUL AMAL DESA CINUNUK CILEUNYI BANDUNG. Jurnal Mutiara Pendidikan, 4(3), 176–188. https://doi.org/10.29303/jmp.v4i3.7909

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan anak usia dini yang mengalami kesulitan ketika harus mengingat kalimat Asmaul Husna, dikarenakan metode yang digunakan masih kurang efektif, dan kurang menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal kalimat Asmaul Husna pada anak usia dini di RA Nurul Amal setelah menggunakan metode Mimicry Memorization (Mim-Mem Method). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu berupa observasi, unjuk kerja, dan dokumentasi. Subjek/responden dalam penelitian ini adalah siswa/i RA Nurul Amal yang berjumlah 24 orang pada Tahun Ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil analisis data melalui teknik analisis data  observasi dan data tes yang dihitung melalui rumus-rumus statistika, diketahui bahwa mengenalkan Asmaul Husna menggunakan metode Mimicry Memorization sebelum dilakukan tindakan memperoleh nilai rata-rata 34% dengan kriteria kurang sekali. Proses penerapan metode Mimicry Memorization dilihat dari aktivitas guru dan anak, pada siklus I aktivitas guru mencapai 61% dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 75% dengan kriteria baik. Demikian pula aktivitas anak pada siklus I mencapai 51% dengan kriteria kurang, pada siklus II meningkat menjadi 56% dengan kriteria baik. Adapun pada siklus I kemampuan belajar individu anak memperoleh nilai rata-rata 54% dengan kriteria cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 77,5% dengan kriteria sangat baik.

Author Biographies

Shera Caesar Tazmahal, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Yuyun Yulianingsih, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Syamiyah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

License

Copyright (c) 2024 Shera Caesar Tazmahal, Yuyun Yulianingsih, Syamiyah

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).