Tinjauan Literasi dan Numerasi bagi Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus
DOI:
10.29303/jmp.v5i1.8646Published:
2025-02-28Issue:
Vol. 5 No. 1 (2025): FebruariArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Kemampuan literasi dan numerasi merupakan dasar dari pembelajaran seumur hidup dan partisipasi penuh dalam masyarakat. Keterampilan ini memberdayakan anak untuk membuat makna, berpikir kritis dan kreatif, dan mencapai potensi penuh mereka. Bagi anak berkebutuhan khusus pastinya memiliki strategi tersendiri dalam mengenalkan dan mengajarkan literasi dan numerasi awal. Artikel ini menggali informasi terkait dengan literasi dan numerasi bagi anak berkebutuhan khusus dengan studi literatur. Penulis menyeleksi artikel-artikel ilmiah sesuai dengan kriteria inklusif dan telah ditetapkan sebelumnya. Terdapat enam artikel yang berasal dari jurnal internasional berdasarkan pencaharian melalui Google Scholar dan Eric Journal. Berdasarkan hasil review didapatkan bahwa dalam pengajaran literasi dan numerasi untuk anak usia dini dengan kebutuhan khusus, guru di sekolah dapat menggunakan berbagai strategi dan metode yang berbeda, dilihat dari kemampuan yang dimiliki oleh anak, dengan mengulang aktivitas secara rutin dan konsisten. Selain itu juga media pembelajaran dapat membantu mempermudah anak dalam memperkenalkan literasi dan numerasi awal. Kajian ini juga mencermati bahwa keterlibatan dan dukungan orangtua di rumah dalam mengenalkan literasi dan numerasi pada anak juga sangat memberikan dampak positif, hal ini dikarenakan motivasi orangtua yang masih menginginkan anak-anak mereka sudah memiliki kemampuan literasi dan numerasi awal sebelum mereka memasuki sekolah dasar.
License
Copyright (c) 2025 Diana, Edi Waluyo, Neneng Tasu'ah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).